Share

Peneliti: Minum Alkohol saat Hamil Pengaruhi Bentuk Wajah Bayi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 19:03 WIB
$detail['images_title']
Bayi (Foto: Independent)

PENIKMAT minuman beralkohol harus memperhatikan hal ini. Penelitian teranyar menemukan fakta bahwa ibu hamil yang mengonsumsi alkohol walau dengan kadar ringan bisa pengaruhi wajah bayi.

Perubahan bentuk wajah bayi ini diketahui terjadi ketika alkohol dikonsumsi di trimester pertama kehamilan. Perubahan fitur wajah bayi ini terjadi dengan cukup 'halus', sehingga sulit terlihat oleh mata telanjang. Pada umumnya, perubahan bentuk wajah terjadi di hidung, mata, dan bibir.

Hal ini diungkapkan tim peneliti dari Murdoch Children's Research Institute di Victoria, Australia. Dalam studinya, tim peneliti menggunakan perangkat lunak pencahayaan 3D canggih untuk menyoroti hampir 70 ribu bagian wajah bayi. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi perbedaan wajah bayi dari ibu yang meminum alkohol selama masa kehamilan dan tidak.

Hasil menunjukkan, perubahan bentuk wajah terjadi pada bayi yang dikandung oleh ibu yang meminum alkohol selama masa kehamilan. Perubahan ini tetap ditemukan meski kadar alkohol yang dikosumsi oleh ibu rendah.

Peneliti menemukan perubahan pada hidung misalnya. Bayi dari ibu yang mengonsumsi alkohol selama kehamilan memiliki bentuk hidung yang sedikit lebih pendek dan naik. Bentuk mata bayi juga cenderung lebih kecil. Sedangkan pada bibir, bentuk bibir bagian atas cenderung lebih tipis. Karakteristik wajah ini seringkali dihubungkan dengan feotal alcohol syndrome.

"Kami belum tahu apakah perubahan kecil pada bentuk wajah bayi berkaitan dengan perubahan perkembangan anak," terang ketua peneliti Jane Halliday, seperti dilansir Independent.

Di samping karakteristik wajah, konsumsi alkohol selama kehamilan juga dinilai dapat memengaruhi perilaku anak. Beberapa di antaranya adalah gangguan perilaku dan atensi.

(ren)