Share

Ibu Hamil Mulai Tak Nafsu Makan? Hati-Hati Terkena Anemia!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 15 Juli 2017 15:45 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Google)

BERKURANGNYA jumlah sel darah merah atau anemia pada seseorang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih jika terjadi pada ibu hamil.

Ada beberapa penyebab anemia pada ibu hamil seperti pola makan yang terganggu karena rasa mual, hingga kurangnya zat besi yang disebabkan oleh kehamilan sebelumnya.

Untuk mencegah anemia pada ibu hamil, konsumsi zat besi adalah hal utama yang harus dipenuhi. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kandungan hemoglobin (hb) di dalam darah.

“Dibutuhkan zat besi, agar sel darah merah bisa mengikat oksigen. Oksigen seperti bensin di tubuh ini, termasuk ke janin. Kalau bensin tidak ada, rusak semua,” jelas M. Adya F. Dilmy SpOG BMsc dalam Edukasi Kesehatan dengan topik Dampak Gangguan Saluran Cerna dan Anemia pada Kehamilan di Jakarta Timur, Sabtu (15/7/2017).

Pada ibu hamil, zat besi bisa diberikan mulai trimester kedua ketika mualnya sudah mulai berkurang. Dr. M. Adya menyarankan untuk memberikan zat besi sebagai suplementasi bagi ibu hamil.

Gejala anemia pada ibu hamil ditandai dengan pusing, lemah, cepat merasa lelah, pucat, nafsu makan berkurang, hingga kebugaran tubuh menurun. Hal ini dapat membahayakan bagi ibu dan janin. Bahkan dapat menyebabkan keguguran jika kekurangan zat besi pada ibu hamil yang mengalami anemia.

“Kurangnya zat ini bisa menyebabkan keguguran,” pungkas dr. M Adya.

(vin)