Share

Waduh! Alkohol Banyak Dikonsumsi oleh Mereka yang Berpenghasilan Tinggi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 08:15 WIB
$detail['images_title']
Minuman Alkohol (Foto: Healthline)

MINUM alkohol adalah gaya hidup tidak sehat yang dilakukan oleh banyak penelitian. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang memiliki lebih banyak uang cenderung mengonsumsi lebih banyak alkohol.

Hasil survei membuktikan adanya korelasi antara status sosioekonomi dengan kebiasaan minum. Para profesional medis di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka telah lama memahami bahwa orang yang tingkat pendapatannya lebih tinggi lebih banyak minum alkohol.

“Orang-orang yang memiliki lebih banyak uang lebih memiliki aksesibilitas untuk membeli minuman beralkohol. Akses itulah yang menjadi kunci untuk mengonsumsi lebih banyak alkohol,” ujar Aaron White, PhD, seorang penasihat ilmiah senior seperti yang dikutip dari Healthline, Kamis (13/7/2017).

Puluhan penelitian sangat menyarankan agar harga alkohol dinaikkan. Sebab, seiring dengan kenaikan harga, konsumsi alkohol menjadi turun. Jika seseorang terlalu sering meminum alkohol, hal itu bisa menyebabkan ketergantungan alkohol. Mereka yang mengalami ketergantungan alkohol bisa saja kehilangan pekerjaan karena terlalu banyak minum.

“Walaupun Anda sudah kaya raya, tapi gangguan penyalahgunaan alkohol bisa mendorong Anda ke kelompok berpenghasilan rendah,” kata White. Selain pada orang-orang yang berpenghasilan tinggi, alkohol juga banyak dikonsumsi oleh mereka yang mengalami depresi, ketegangan, tekanan berlebih, dan trauma.

Namun, kekayaan tidak bisa mencegah seseorang dari efek kesehatan negatif yang ditimbulkan oleh minuman alkohol. Walaupun mereka mampu membeli resep obat agar terhindar dari masalah kesehatan, mereka tetap berpotensi untuk menderitanya. Alkohol dapat mengakibatkan penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Terlebih pada perempuan. Perempuan yang banyak mengonsumsi alkohol memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena kanker payudara.

(ren)