Share

Minum Secangkir Kopi 1 Jam sebelum Olahraga Bikin Tubuh Tidak Cepat Lelah

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 08:12 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Menfitness)

KETIKA tubuh merasa lelah, aktivitas olahraga yang Anda lakukan akan terasa lebih berat. Itulah yang menyebabkan mengapa para pelatih atlet seringkali memberikan suntikan kafein kepada atlet sebelum memulai sesi latihan atau kompetisi agar meningkatkan kinerja.

Suntikan kafein dipercaya bisa membuat tubuh berolahraga lebih keras dengan sedikit rasa kelelahan. Sebenarnya efek utama kafein pada tubuh adalah meningkatkan kewaspadaan dan gairah sehingga latihan tidak terasa melelahkan. Selain itu, kafein juga membantu tubuh membakar lebih banyak lemak.

Dilansir dari TIME, Jumat (7/7/2017), teorinya adalah otot menggunakan glikogen – glukosa yang tersimpan dalam tubuh untuk energi. Saat glikogen habis, otot menjadi lebih lemah sehingga menyebabkan kelelahan. Kafein bisa membuat otot membakar lemak lebih cepat sehingga glikogen bisa tersimpan lebih lama.

Tapi kafein juga tidak langsung bekerja begitu masuk ke dalam tubuh sebab harus didahului dengan pembakaran lemak. Untuk itu, belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berlatih usai meminum kafein. Namun dalam sejumlah penelitian dikatakan bahwa efek kafein pada otot bekerja setelah dua jam dikonsumsi dan semakin meningkat sekitar satu jam setelahnya.

Kafein yang dibutuhkan tubuh untuk berlatih juga belum jelas berapa banyak jumlahnya. Tapi sebaiknya Anda mengonsumsi tiga cangkir kopi setiap hari. Kafein memang bisa menjadi tambahan yang efektif untuk melakukan latihan selama dikonsumsi dengan hati-hati.

Pakar olahraga menyarankan untuk meminum satu cangkir kopi satu jam sebelum berlatih dan lihat apakah kafein berpengaruh pada Anda saat melakukan latihan. (hel)

(hel)