Share

6 Tips Mengecilkan Perut Buncit, Lakukan Sit Up Ternyata Salah!

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 05 Juli 2017 16:05 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Mensjournal)

TIDAK ada orang yang menginginkan perutnya buncit. Bahkan ibu hamil sekalipn setelah melahirkan ingin perutnya segera kembali rata. Terkadang berbagai cara sudah dilakukan untuk menghilangkan lemak perut tidak berhasil.

Jika lemak di perut tidak kunjung hilang, bisa jadi Anda melakukan cara yang salah seperti sit up berkali-kali, minum suplemen, atau menahan lapar. Dilansir dari Strong Lifts, Rabu (5/7/2017), inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lemak perut dengan cepat dan alami.

Berhenti lakukan olahraga crunches

Jika Anda menginginkan perut rata dalam waktu cepat, Anda harus menghentikan olahraga crunches seperti sit up. Olahraga crunches hanya akan memperkuat dan membentuk otot perut namun tidak membakar lemak yang ada pada perut. Selain itu, olahraga crunches juga bisa menyebabkan nyeri punggung, bahu membungkuk, dan postur tubuh ke depan.

Lakukan olahraga kekuatan

Saat Anda menghentikan olahraga crunches, Anda harus mulai dengan olahraga yang melatih kekuatan. Olahraga kekuatan yang bisa Anda lakukan adalah squat dan deadlift. Kedua latihan itu bisa membangun massa otot dan mengurangi lemak di perut. Memang kedua latihan kekuatan itu tidak membakar lemak perut secara langsung. Namun keduanya bisa memperkuat abs dan mengcilkan ukuran pinggang. Anda bisa berolahraga tiga kali seminggu dengan waktu 45 menit.

Konsumsi makanan sehat

Untuk membakar lemak di perut, bukan hanya olahraga yang Anda butuhkan. Anda juga harus memakan makanan sehat yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Anda juga diwajibkan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Sebaliknya Anda diminta untuk membatasi konsumsi junk food. Apabila Anda makan tiga kali sehari, Anda hanya diperkenankan konsumsi junk food dua kali seminggu.

Hindari minuman manis dan beralkohol

Alkohol dan minuman manis dapat membuat lemak perut tetap bertahan. Bahkan alkohol bisa menekan hati Anda sehingga hati tidak bisa bekerja optimal untuk membersihkan racun dalam tubuh. Lebih baik Anda minum air putih, lemon tea, atau teh hijau.

Kurangi makanan berkabohidrat tinggi

Tubuh memang memerlukan karbohidrat untuk energi. Namun apabila tubuh mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, karbohidrat yang tidak terbakar untuk energi akan menjadi lemak, terutama di perut.

Menjaga motivasi

Apabila Anda sedang dalam proses mengecilkan perut, Anda bisa sering-sering melihat cermin dan memerhatikan ukuran perut Anda. Ketika Anda melihat ukuran perut semakin mengecil, Anda akan semakin bersemangat untuk tetap berlatih dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, waktu yang Anda butuhkan untuk membuat perut rata semakin singkat.

(hel)