Share

Waspada! Ini Bahaya Makan Nasi yang Dipanaskan Lagi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 13:20 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Independent)

KEBIASAAN banyak orang, bila nasi tidak habis dimakan, besoknya dipanaskan. Menghemat pengeluaran dan "sayang dibuang" menjadi alasan paling utama. Padahal, melakukan hal tersebut sangat berbahaya.

Nasi mengandung cukup banyak gula di dalamnya. Selain itu, kadar kolesterol di nasi pun tinggi. Bila nasi dipanaskan kembali setelah proses pemasakan sebelumnya, kolesterol jahat di dalam nasi akan meningkat. Tentunya, hal tersebut memengaruhi kesehatan tubuh.

Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, nasi yang dipanaskan lagi cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. "Selain mengandung kolesterol jahat, nilai kalorinya pun akan naik. Sangat berisiko bagi mereka yang punya masalah jantung atau tekanan darah," paparnya saat diwawancarai Okezone di RSCM Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Dia melanjutkan, nasi merupakan makanan yang sebenarnya mudah untuk dideteksi kondisi kelayakannya. Dari aromanya, tekstur, sampai dengan warnanya. Sangat jauh berbeda dengan nasi yang baru matang. Dengan kemudahan itu, seharusnya Anda sudah bisa menilai, apakah akan tetap dimakan atau tidak.

Kemudian, dr Ari menambahkan, bila nasi sudah matang, sebaiknya jangan dibiarkan di udara terbuka. "Ya, setidaknya dalam posisi tertutup. Perlu diperhatikan juga untuk tidak menyimpan nasi lama di alat memasaknya. Itu membuat nasi mudah basi," katanya.

Dia juga memberikan sedikit saran untuk menyimpan nasi di dalam kulkas. Hal tersebut dikatakannya lebih baik dibandingkan harus menyimpan di udara terbuka. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan. "Jangan satukan slot nasi dengan makanan mentah di dalam kulkas. Risiko kontaminasi kuman sangat tinggi," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)