Share

12 Khasiat Bawang Mentah bagi Kesehatan Anda

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 29 Mei 2017 07:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Comendocomosolhos)

BAWANG merupakan salah satu rempah-rempah yang selalu ada di dapur Anda. Karena, bawang merupakan salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan ketika memasak.

Namun, bawang mentah tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Bawang mentah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut manfaat bawang mentah setiap hari selengkapnya yang dilansir dari Boldsky, Senin (29/5/2017):

Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang bombai efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Senyawa dalam bawang bombai berperan sebagai pengencer darah alami dan mencegah agregasi trombosit hyper atau darah cepat menggumpal.

Selain itu, quercetin mencegah pengerasan arteri dengan mencegah pembentukan plak. Karenanya, makan bawang bombai mentah setiap hari akan mengurangi risiko serangan jantung.

Mengobati masalah pernapasan

Bawang bombai memiliki sifat antiinflamasi, sehingga berperan menenangkan otot saluran napas, mengurangi asma dan bronkitis. Hal ini juga efektif dalam mencegah batuk, pilek, flu dan bersin.

Mengobati tuberkulosis

Bawang bombai memiliki khasiat antiseptik dan antimikroba. Hal ini dapat menonaktifkan mikobakteri yang menyebabkan tuberkulosis dan mengerahkan efek anti-tuberkulanya. Cobalah mengonsumsi bawang bombai mentah dengan garam karena bisa lebih bermanfaat.

Mengelola tekanan darah

Bawang bombai rendah kalori, sodiu, dan tidak mengandung lemak. Hal ini meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Inilah salah satu manfaat kesehatan dari makan bawang bombai mentah setiap hari.

Mencegah sembelit

Bawang mengandung serat larut yang meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus Anda. Makan satu bawang mentah setiap hari akan terhindar dari sembelit. Inilah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari makan bawang mentah setiap hari.

Mengobati masalah pencernaan

Mengonsumsi bawang mentah akan membantu dalam mengobati masalah pencernaan. Hal ini termasuk hilangnya nafsu makan, dispepsia, gangguan perut dan kandung empedu.

Memerangi penyakit yang dibawa dari makanan

Antimikroba pada bawang membuatnya bermanfaat dalam mengobati penyakit akibat makanan yang disebabkan oleh infeksi mikroba. Fitokimia yang ada dalam bawang merah mengurangi risiko tukak gastrik.

Mengobati anemia

Tingginya kandungan zat besi dalam bawang bombai membuatnya bermanfaat dalam mengobati anemia. Makan bawang bombai berukuran sedang dalam sehari akan bermanfaat untuk mengobati anemia.

Mengontrol gula darah

Bawang bombai bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain membatasi asupan gula, makan bawang bombai mentah bisa mengontrol kadar gula dalam darah Anda.

Meningkatkan produksi ASI

Mengosumsi bawang mentah memiliki efek yang nyata dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Bawang dapat langsung dikonsumsi mentah atau dimasukkan dalam salad atau sandwich.

Senyawa antikanker

Disulfida phytochemicals, trisulfida, cepaene dan quercetin hadir dalam bawang mampu mengencerkan darah Anda. Hal ini akan mengurangi peradangan di dalam tubuh dan mengerah sifat antikankernya.

Untuk detoksifikasi

Mengonsumsi bawang bombai membantu dalam mendetoksifikasi tubuh Anda dari racun berbahaya. Ini akan memurnikan darah Anda dan pada akhirnya membuat tubuh sehat. Bawang bombai lebih bermanfaat bila dikonsumsi mentah.

1
2