Share

Mengatasi Ibu Hamil Mual Perbanyak Makan Sumber Vitamin B6

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017 17:08 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Livestrong)

PADA trimester pertama, ibu hamil sering mengeluh mual. Masalah ini bisa diatasi dengan memperbanyak asupan makanan bersumber vitamin B6.

Ahli Gizi Dr drg Sandra Fikawati, MPH mengatakan, gizi yang diperlukan ibu hamil sama dengan orang biasa. Hanya saja, ada beberapa asupan nutrisi yang semakin diperbanyak.

"Ibu hamil harus memperbanyak zat gizi khusus, termasuk zat besi. Ini mendukung pertumbuhan penyembuhan janin dan plasenta," tambahnya.

Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan banyak asam folat dan asam lemak omega-3. Karena pertumbuhan otak janin sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Sumber kalsium juga baik dikonsumsi untuk menguatkan tulang dan gigi janin.

Sementara itu, tambah Dr Sandra, untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil, Anda bisa mengonsumsi sumber vitamin B6. Asupannya bisa didapat dari buah dan sayuran.

"Vitamin B6 tersedia di sayuran hijau, aneka buah-buahan dan ikan, daging ayam atau sapi," terangnya.

Semasa hamil trimester pertama, ibu hamil harus memperbanyak konsumsi makanan tersebut. Karena fungsinya juga dapat mendukung tumbuh kembang anak di masa 1000 Hari Pertama Kehidupan.

(hel)