Share

5 Khasiat Rahasia Jambu Merah yang Jarang Diketahui

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017 12:49 WIB
$detail['images_title']
Jambu merah (Foto: Juicingforhealth)

ANDA pasti pernah makan jambu merah, baik langsung atau hidangan rujak. Tapi, tahukah Anda rahasia khasiat di balik makan jambu merah?

Buah yang juga sering disebut jambu air ini kaya akan vitamin C, serat makanan, vitamin A, kalsium, thiamin, niasin, zat besi, belerang dan potasium. Dari segi senyawa organik, jambu merah mengandung jambosine, asam betulinat dan friedelolactone.

Karena itu, doyan makan jambu merah baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut khasiat rahasia makan jambu merah untuk kesehatan yang dilansir dari Organictfacts:

Kontrol diabetes

Jambosin adalah sejenis alkoloid yang telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam menghalangi konversi pati menjadi gula. Hal ini bisa menjadi perkembangan sangat penting bagi penderita diabetes dan mereka yang berisiko terkena diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk mengetahui dampak jambosin terhadap pengendalian gula darah.

Pencernaan

Kandungan serat jambu merah yang tinggi membuat mereka sangat baik untuk mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan, mengurangi konstipasi dan kondisi kesehatan yang lebih serius. Selain itu, dalam pengobatan tradisional, benih jambu merah telah digunakan untuk mencegah diare dan disentri.

Pencegahan kanker

Senyawa organik aktif pada jambu merah, dikombinasikan dengan vitamin C dan A, dikenal sebagai pengobatan pencegahan kanker yang efektif. Penelitian awal dan tes pengobatan tradisional mengklaim bahwa risiko kanker prostat dan payudara berkurang dengan menambahkan jambu merah ke diet harian.

Toksisitas

Selama ratusan tahun, jambu merah telah digunakan sebagai zat diuretik yang membantu membersihkan toksisitas hati dan ginjal. Hal ini sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan efisiensi metabolisme tubuh.

Kolesterol dan kesehatan jantung

Kombinasi serat dan nutrisi pada jambu merah telah menunjukkan efek signifikan pada kadar kolesterol dalam peneliian. Hal ini menyebabkan turunnya risiko aterosklerosis, sehingga mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke dan penyakit jantung koroner.

Sistem kekebalan tubuh

Komponen aktif dan mudah menguap pada jambu merah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Penelitian telah menunjukkan, efek tersebut dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi dan meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit infeksi.

(hel)