Share

Makan Bawang Mentah Bikin Produksi ASI Melimpah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017 05:04 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Independent)

BAWANG mentah dikenal sebagai bahan utama pengobatan rumah yang banyak digunakan untuk banyak penyakit. Namun, kini kalangan ibu menyusui juga dapat merasakan khasiatnya.

Bawang, termasuk bombai, bawang putih dan bawang merah memiliki kadar senyawa sulfur yang bertanggungjawab atas khasiatnya. Selain itu, bawang adalah sumber vitamin C, vitamin B6, biotin, folid acid, chromium, kalsium dan serat yang baik.

Karenanya, bawang mentah dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bila dikonsumsi secara rutin, termasuk bagi kalangan ibu menyusui. Berikut manfaat mengonsumsi bawang mentah secara rutin seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (23/5/2017):

Untuk detoksifikasi

Mengonsumsi bawang bombai membantu dalam mendetoksifikasi tubuh Anda dari racun berbahaya. Ini akan memurnikan darah Anda dan pada akhirnya membuat tubuh sehat. Bawang bombai lebih bermanfaat bila dikonsumsi mentah.

Mengobati anemia

Tingginya kandungan zat besi dalam bawang bombai membuatnya bermanfaat dalam mengobati anemia. Makan bawang bombai berukuran sedang dalam sehari akan bermanfaat untuk mengobati anemia.

Mengontrol gula darah

Bawang bombai bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain membatasi asupan gula, makan bawang bombai mentah bisa mengontrol kadar gula dalam darah Anda.

Meningkatkan produksi ASI

Mengosumsi bawang mentah memiliki efek yang nyata dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Bawang dapat langsung dikonsumsi mentah atau dimasukkan dalam salad atau sandwich.

Senyawa antikanker

Disulfida phytochemicals, trisulfida, cepaene dan quercetin hadir dalam bawang mampu mengencerkan darah Anda. Hal ini akan mengurangi peradangan di dalam tubuh dan mengerah sifat antikankernya.

(hel)