Share

5 Makanan yang Perlu Anda dalam Diet Khusus Diabetes

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 05:10 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Youngisthan)

DIABETES bisa sangat berbahaya, namun ada beberapa cara untuk mengendalikannya. Salah satunya, mengubah kebiasaan makan untuk menjaga kadar gula darah Anda.

Ada sejumlah makanan yang perlu dimasukkan ke diet harian untuk penderita diabetes. Berikut tips diet untuk penderita diabetes agar kadar gula darah tetap terjaga seperti dilansir dari laman Youngisthan:

Gandum utuh

Biji-bijian seperti gandum utuh adalah pilihan sempurna untuk dikonsumsi penderita diabetes. Karena, gandum utuh merupakan sumber nutrisi terkaya termasuk protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral seperti besi, seng, tembaga, dan magnesium.

Kentang panggang

Indeks glikemik ubi jalar jauh lebih rendah, sehingga baik untuk pengendalian diabetes. Anda bisa membuat hidangan lezat dengan ubi jalar, seperti kentang panggang yang sehat.

Biji rami

Biji rami merupakan salah satu biji bergizi. Salah satu manfaat yang paling luar biasa dari biji rami adalah mengandung getah mucilage, yaitu serat pembentuk gel. Biji rami mengandung omega 3 yang biasa ditemukan pada makanan laut. Selain itu, biji rami mengandung tinggi serat, namun rendah karbohidrat sehingga membuatnya baik untuk kesehatan Anda.

Sayuran

Sayuran rendah karbohidrat, sehingga bagus untuk penderita diabetes. Sayuran harus disertakan dalam diet harian diabates, karena kandungan seratnya tinggi. Tapi, pasien diabetes harus menghindari sayuran dengan gula dan pati tinggi.

Buah segar

Buah segar merupakan sumber serat terkaya yang harus dimasukkan ke diet harian diabetes. Selain itu, buah-buahan sarat dengan vitamin dan mineral yang seharusnya menjadi bagian dari diet ramah diabetes. Anda juga harus makan buah segar, seperti delima, anggur, apel dan jambu.

(hel)