Share

Wanita dengan Anoreksia Berpotensi Mengidap Penyakit Celiac

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 07 April 2017 15:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Medicalxpress)

SEBUAH temuan baru mengungkapkan dengan penyakit celiac mungkin lebih cenderung didiagnosis dengan gangguan makan anoreksia nervosa.

Penulis studi, dr Karl Marild, mengatakan sebelummnya terdapat laporan khusus yang melaporkan bahwa pasien dengan penyakit celiac mengembangkan gangguan makan, setelah mereka didiagnosis memiliki penyakit celiac.

Anoreksia nervosa adalah gangguan emosional makan yang melibatkan keinginan obsesif menurunkan berat badan. Mereka cenderung menolak untuk makan demi penurunan berat badan.

Sementara penyakit celiac merupakan gangguan autoimun, di mana konsumsi protein gluten dalam gandum menyebabkan kerusakan usus kecil. Sehingga pasien mengalami masalah penyerapan nutrisi.

Kedua gangguan ini terkadang memiliki gejala yang sama, seperti kelelahan, masalah pencernaan, ketidaknyamanan setelah makan, penurunan berat badan yang berlebih, dan tidak mampu menyerap nutrisi tertentu.

Para peneliti melakukan pemeriksaan data dari 1987 sampai 2009 pada hampir 18.000 wanita Swedia yang didiagnosis dengan penyakit celiac dan sekira 89.000 wanita yang tidak memiliki gangguan autoimun.

Setelah didiagnosis penyakit celiac, 46 persen wanita didiagnosis memiliki anoreksia nervosa. Sedangkan mereka yang telah didiagnosis anoreksia nervosa, dua kali lipat lebih mungkin mengalami penyakit celiac.

Penelitian ini membuktikan bahwa penyakit celiac dan anoreksia nervosa berkaitan erat satu sama kali. Tapi menurut Dr Neville Golden, peneliti dari Stanford Children’s Health di California, ada beberapa pasien yang misdiagnosis akibat gejalanya yang hampir mirip.

Keduanya memiliki gejala yang sama, seperti perut tidak nyaman setelah makan, perasaan kenyang, perubahan usus kebiasaan dan penurunan berat badan

"Jadi diagnosis yang benar tidak selalu jelas," tukas Goldn. Demikian dilansir dari GMA Network, Jumat (7/4/2017).

(hel)