Share

Rajin Makan Sayuran Hijau Efektif Cegah Anemia Lho

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 04 April 2017 12:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Flatabsfitness)

ZAT besi dapat menormalkan kadar hemoglobin yang dapat mencegah anemia. Salah satu sumbernya yang mudah didapatkan yakni sayuran hijau.

Spesialis Gizi Klinik DR dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK mengatakan, sumber zat besi bisa diperoleh dari bahan makanan hewani dan sumber nabati. Setiap wanita harus mengonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari.

"Gampangnya untuk cegah anemia, wanita harus makan sayuran berdaun hijau gelap. Misalnya kangkung, bayam, brokoli, daun singkong," katanya saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Tidak cuma sumber zat besi, sayuran hijau juga mengandung tinggi serat dan antioksidan. Manfaatnya tentu melimpah, seperti menjaga kesehatan pencernaan dalam kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi sumber makanan hewani. Sebagai contoh yakni ati, daging

sapi dan kambing, daging unggas seperti ayam dan bebek, serta ikan.

"Ati ayam sumber makanan yang murah dan paling tinggi zat besinya. Diharapkan wanita untuk sering mengonsumsinya," tambahnya.

dr Anie juga mengingatkan, agar semua wanita tidak lupa minum tablet tambah darah dalam seminggu sekali. Anjuran ini efektif mencegah wanita dari ancaman anemia.

"Kenapa minum tablet tambah darahnya seminggu sekali, ini biar bisa meminimalisir efek sampingnya yang bikin wanita tidak nyaman," pungkasnya.

(hel)