Share

Jari Anda Sering Kram, Waspadai 5 Gejala Penyakit Ini!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 29 Maret 2017 12:56 WIB
$detail['images_title']
Jari Kram (Foto: Healthtap)

TANPA disadari jari-jari tangan Anda bisa kram tanpa tahu sebabnya. Kini kenali lebih dulu agar bisa terdeteksi dengan cepat, apalagi kalau Anda mengidap suatu penyakit.

Jari-jari yang kram secara signifikan akan berdampak pada aktivitas Anda. Temui dokter segera bila tiba-tiba Anda mengalaminya.

Dilansir Livestrong, Rabu (29/3/2017), berikut adalah 5 sebab yang membuat jari Anda sering kram. Simak ulasannya berikut ini yuk.

Saring ligamen

Ligamen adalah serat kuat yang menghubungkan satu tulang yang lain. Saat ligamen terganggu dan membengkak, biasanya jari-jari Anda bisa kram. Atau saat ligamen Anda mengalami robekan, gerakan jari bisa sangat terbatas.

Radang sendi

Arthritis atau radang sendi juga sering menyebabkan jari Anda kram. Pada saat Anda tak beraktivitas rasa kram bisa muncul. Anda harus melawannya dengan tidak melakukan kerja berat yang bisa mengganggu stabilitas kerja sendi Anda setiap harinya.

Rheumatoid arthritis

Peradangan sendi juga dapat menunjukkan gejala jari Anda kram. Selain kram, Anda juga dapat mengalami nyeri yang sangat sakit sekali. Ini sangat memengaruhi aktivitas gerak Anda, sehingga harus dicegah.

Tendon cedera

Tendon menghubungkan otot ke tulang dan berpengaruh pada gerak-gerak jari. Bila tendon suatu saat cedera, jari Anda dapat saja mengalami kram. Cedera ini biasanya muncul akibat mengangkat beban berat yang menyebabkan trauma.

Tulang fraktur

Patah tulang biasanya disebabkan oleh trauma saat beraktivitas. Cedera ini bisa menyebabkan segala macam gejala yang memicu rasa sakit. Salah satunya yakni jari Anda kram dan harusnya segera diberi tindakan dokter.

(ren)