Share

Jalani Diet Ini Bantu Meningkatkan Kualitas Sperma

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2017 04:00 WIB
$detail['images_title']
Diet sehat tingkatkan kualitas sperma (Foto: Eatright)

ANDA seorang pria yang ingin cepat-cepat memiliki anak? Jika iya, maka harus menjaga dan meningkatkan kualitas sperma, terlepas dari bagaimana kondisi kesuburan istri.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan pola makan tepat. Menjalani diet Mediterania yang kaya buah, sayuran, ikan dan produk susu rendah lemak, dan rendah daging olahan, dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, menurut sebuah penelitian baru.

Para peneliti dari Rovira i Virgili University dan Pere i Virgili Health Research Institute di Spanyol melakukan tinjauan sistematis studi observasional pada kualitas sperma dan fecundability pria, serta hubungan mereka dengan diet, makan dan konsumsi zat gizi. Hasil yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction Update, menunjukkan bahwa diet sehat kaya nutrisi tertentu seperti asam lemak omega 3, antioksidan tertentu, vitamin D dan folat, dan rendah asam lemak jenuh dan asam trans-lemak, berhubungan dengan kualitas sperma yang tinggi.

"Laki-laki yang patuh menjalani diet sehat dapat meningkatkan kualitas air mani dan meningkatkan peluang istri untuk hamil," tulis studi tersebut yang dikutip laman Boldsky, Minggu (19/3/2017).

Ikan, kerang, seafood, unggas, sereal, sayuran dan buah-buahan, produk susu rendah lemak dan susu skim berdampak positif terhadap kualitas sperma, kata studi tersebut. Sebaliknya, diet kaya daging olahan, makanan kedelai, kentang, susu penuh lemak dan produk susu, keju, kopi, alkohol, minuman manis dan permen, dapat menyebabkan kualitas sperma menurun.

"Asupan alkohol yang tinggi, kafein, daging merah dan daging olahan berdampak negatif pada sperma, sehingga mengurangi kesempatan kehamilan atau kesuburan pria," tutur para peneliti dalam studi.

(hel)