Share

Studi: Ngemil 70 Gram Kacang Kenari Setiap Hari Tingkatkan Vitalitas Sperma Guys!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 02 Maret 2017 16:45 WIB
$detail['images_title']
Ngemil kenari tingkatkan vitalitas sperma (Foto: Zeenews)

BUAT pria yang suka ngemil, jangan sembarangan memilih camilan. Kalau bisa, pilih camilan yang mampu meningkatkan vitalitas Anda, kenari salah satunya.

Kenari menyediakan lebih dari 100 persen nilai harian yang direkomendasikan asam lemak omega 3, bersama dengan tembaga, mangan, molibdenum dan biotin. Selain itu, kenari juga dapat melawan kanker, meningkatkan kesehatan jantung, otak dan bermanfaat bagi penderita diabetes.

Sekarang, sebuah studi telah menyatakan, makan sekira 70 gram kenari setiap hari bisa meningkatkan kualitas sperma dengan mengurangi proses yang merusak sel-sel ini. Studi baru pada tikus yang dipimpin peneliti dari University of Delaware di Amerika Serikat, mengumpulkan bukti-bukti bahwa kenari dapat mengurangi peroksidasi lipid, proses yang bisa merusak sel-sel sperma.

Bentuk kerusakan sel merugikan membran sperma, yang terutama terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda (PUFA). Kenari adalah satu-satunya kacang yang terdiri dari PUFA, kata para peneliti.

Karena ini merupakan studi hewan, tidak ada korelasi langsung dengan proses yang terjadi dalam tubuh manusia, menurut peneliti. Namun, temuan mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kenari memberi nutrisi, di mana penting untuk fungsi sperma.

Para ilmuwan menemukan, perbaikan signifikan dalam motilitas sperma dan morfologi pada tikus yang mengonsumsi diet mengandung 19,6 persen kalori dari kenari (setara 70 gram per hari) dibanding dengan tikus yang tidak mengonsumsi kenari. Motilitas sperma dan morfologi adalah penanda kaulitas air mani, yang merupakan prediktor kesuburan pria.

"Apa yang menarik adalah kami menemukan, makan kenari sebenarnya dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, kemungkinan dengan mengurangi kerusakan peroxidative di sel sperma," tutur Patricia A Martin-Deleon dari University of Delaware yang dikutip Zeenews, Jumat (3/3/2017).

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami nutrisi tertentu dalam kenari yang dapat berkontribusi untuk perbaikan ini, tapi temuan ini menunjukkan bahwa kenari mungkin bermanfaat bagi kesehatan sperma," Tambah Martin Deleon.

Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan, makan 75 gram kenari per hari meningkatkan vitalitas sperma, motilitas dan morfologi pada pria.

(hel)