Share

Supaya Enggak Kalap Makan, Ini Pentingnya Menerapkan Mindful Eating

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 25 Februari 2017 23:11 WIB
$detail['images_title']
Menikmati makanan (Foto: Alliednutrition)

PERNAHKAH Anda makan dengan begitu semangat dan tidak perlahan. Beberapa saat Anda mendapati perut sudah begah dan amat kenyang. Inilah yang membuat tubuh cenderung naik.

Naomi Ernawati Lestari dari LightHOUSE, mengingatkan betapa pentingnya mindful eating. Kita perlu sadar apa yang kita makan, rasa makanan tersebut, dan mengetahui tubuh kita sudah kenyang atau belum.

"Kadang kita makan kalap, pas ditanya enak enggak makanannya? Jawabannya, enak. Tapi enaknya gimana, kita enggak tahu, yang penting enak," terang Naomi kepada Okezone, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 24 Februari 2017.

Pengertian mindful eating, ketika seseorang makan secara perlahan dan menikmatinya. Misalnya, ia juga bisa membedakan apakah manisnya dari tepung atau gula, Naomi menjelaskan.

"Ketika kita makan pelan-pelan seperti ini, kita tahu kapan saja kita kenyang dan enggak ingin tambah juga. Begitu kita kalap, kita habis, malah ingin menambah," jelasnya.

Jadi, ketika seseorang menerapkan prinsip mindful eating, ia akan lebih sadar apa yang disantapnya. Selain itu, ia juga mengerti seberapa banyak porsi yang perlu disantap dan apakah perutnya sudah kenyang atau belum.

(vin)