Share

Bedakan Kram Akibat Hamil atau PMS, Begini Caranya!

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 18:19 WIB
$detail['images_title']
Bedakan kram hamil dengan kram pms (Foto: Boldsky)

KETIKA wanita sedang hamil dan menstruasi sama-sama mengalami nyeri atau kram di bagian perut. Tapi tidak semua wanita berhasil membedakannya.

Dilansir Boldsky, Jumat (27/1/2017), berikut empat hal yang dapat dibedakan ketika Anda sedang hamil atau cuma nyeri PMS.

Kram perut

Kram yang dialami oleh wanita hamil berlangsung setiap hari dan munculnya sering. Pada wanita hamil, terjadinya kram akibat masa ovulasi yang membentuk janin. Sementara kram yang dialami orang PMS, terjadi sehari sebelum menstruasi tiba dengan waktu sementara.

Nyeri payudara

Payudara nyeri yang berlangsung selama lebih dari satu minggu merupakan tanda umum dari kehamilan. Pada saat yang sama, banyak wanita mengalami nyeri payudara selama PMS, tapi untuk sementara waktu. Payudara nyeri karena tubuh terus memproduksi hormon progesteron untuk membantu mendukung kehamilan.

Nyeri punggung bawah

Ketika Anda memasuki kehamilan trimester ketiga, Anda mulai mengalami nyeri punggung bawah. Ini terjadi karena janin semakin besar dan pergerakannya dalam perut bisa cukup mengganggu aktivitas. Sementara Ladies, jika Anda PMS nyeri punggung bawah muncul ketika tanggal menstruasi datang.

Mengidam

Wanita yang mengalami PMS juga akan mengidam makanan asin atau manis. Sementara, pada masa kehamilan wanita akan mengidam beberapa makanan yang unik atau cenderung suka makanan asam.

 

Terlambat menstruasi

Ada beberapa alasan yang membuat wanita terlambat haid. Mungkin bisa jadi karena Anda hamil atau sekedar stres. Anda harus memantaunya dengan benar agar tidak membahayakan diri.

(ndr)