Share

Catat, Tidak Semua Makanan Berkarbohidrat Menggemukkan Badan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 20 Januari 2017 11:13 WIB
$detail['images_title']
Tidak semua makanan berkarbohidrat menggemukan badan (Foto:Tabatatimes)

ORANG-ORANG bepikir kalau jenis makanan karbohidrat adalah nasi. Padahal masih ada jenisnya yang sehat dan mudah dicerna usus.

Ketahuilah empat manfaat penting seputar makanan karbohidrat yang tidak berbahaya bagi tubuh. Ini dia ulasannya, dilansir Boldsky, Jumat (20/1/2017).

Tidak semua makanan karbohidrat sama bahayanya

Tidak semua jenis karbohidrat sulit dicerna tubuh Anda. Memang yang sulit dicerna salah satunya nasi putih. Makanan ini berbahaya bagi kadar gula darah Anda yang emmicu diabetes. Adapun jenis karbohidrat lainnya yakni kentang, ubi, labu, nasi merah, ketan, dan beberapa jenis lainnya. Selain mengandung karbohidrat, makanan tersebut juga tinggi serat.

Harus bisa membedakan karbohidrat sehat dan tidak

Ini penting bagi Anda untuk membedakan antara karbohidrat yang sehat dan tidak sehat. Karbohidrat kompleks membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna oleh tubuh. Sebaliknya, karbohidrat tidak sehat seperti nasi hanya memberikan perasaan kenyang pada diri Anda.

 

Makanan karbohidrat yang tidak menaikkan berat badan

Salah satu kesalahpahaman yang paling umum dikenal orang yakni semua makanan karbohidrat dapat menaikkan berat badan. Faktanya tidak, karena beberapa jenis makanan karbohidrat yang juga tinggi sehat malah cepat dicerna tubuh dan tidak membuat perut cepat kenyang.

 

Makanan karbohidrat baik untuk jantung

Sebagian makanan karbohidrat juga diperkaya dengan serat baik larut dan tidak larut. Ini sangat bermanfaat bagi jantung, juga menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

(ndr)