Share

Lakukan 4 Hal Berikut untuk Mencegah Kecemasan

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 15 Januari 2017 14:07 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

PERASAAN cemas bisa datang kapan saja, terutama di sela-sela beraktivitas. Mungkin Anda dipanggil bos karena sesuatu hal, pergi kesiangan berangkat ke kantor, menunggu seseorang untuk janjian, dan masih banyak faktor lainnya.

Tapi rasa cemas itu dapat diatasi dengan berbagai hal. Seperti misalnya dari makanan atau minuman yang bisa Anda konsumsi di sela beraktivitas.

Berikut empat cara untuk emncegah rasa cemas yang bisa membantu Anda, dikutip Everydayhealth, Minggu (15/1/2017).

Sarapan dengan telur

Telur merupakan makanan yang mudah dibuat untuk sarapan. Anda dapat membuat omelette, telur rebus, atau telur mata sapi yang digabungkan dengan salad atau menu lainnya. Karena telur mengandung tinggi protein dan sumber kolin, sehingga dapat mengeyangkan perut, sekaligus membuat otak Anda lebih rileks dalam berpikir.

Ngemil makanan sehat

Beberapa camilan sehat yang bisa dimakan untuk mencegah cemas yaitu coklat batang, kacang almond, kacang kenari, bersama secangkir teh atau minuman berbahan rempah sehat. Camilan itu selain manfaatnya dapat menurunkan kadar gula darah, bisa juga untuk mencegah perasaan cemas yang sangat menggangu Anda.

Minum teh hijau

Kandungan asam amino dalam teh hijau atau yang disebut L-theanine juga diklaim mampu mencegah perasaan cemas. Studi menunjukkan, bahwa L-theanine membantu mengekang meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah. Semua itu ada kaitannya dengan kecemasan yang mungkin bisa Anda alami kapan saja.

Teh chamomile

Jika Anda bosan menyeruput teh hijau, Anda juga dapat menyeruput teh chamomile. Teh yang terbuat dari bunga chamomile ini banyak sekali manfaatnya, termasuk yang paling penting yaitu mencegah kecemasan.

(hel)