Share

7 Buah yang Tidak Masalah Dikonsumsi Penderita Diabetes

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 16 Januari 2017 05:12 WIB
$detail['images_title']
Buah persik baik dikonsumsi penderita diabetes (Foto: Wikihow)

BANYAK orang salah sangka menganggap buah-buahan tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena rasanya yang manis. Perlu Anda tahu, sebenarnya yang terpenting bagi penderita diabetes adalah indeks glikemik.

Buah-buahan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga menguntungkn bagi penderita diabetes. Dr Pradeep Gadge, konsultan diabetologist dari rumah sakit di Mumbai, mengatakan bawha buah-buahan seperti pisang, anggur dan mangga dapat dinikmati oleh penderita diabetes, meskipun dalam jumlah yang terbatas.

Ia juga menambahkan, sebaiknya menghindari buah-buahan yang terlalu matang karena tidak baik dikonsumsi penderita diabetes. Berikut buah-buahan yang tidak masalah dikonsumsi oleh penderita diabetes seperti dilansir Thehealthsite:

Apel

Apel berukuran sedang rendah kalori dan tinggi serat, sehingga menjadi buaha yang sempurna bagi penderita diabetes. Karena, apel tidak hanya membuat perut kenyang, tetapi juga mencegah kenaikan gula darah dengan cepat. Selain itu, apel juga mengandung fitronutrien dan quercetin yang diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung selain diabetes.

Persik

Persik lezat dan sehat, karena dikemas dengan kandungan serat yang tinggi. Selain itu, buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah, mengandung berbagai vitamin dan tinggi antioksidan, sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes.

Pepaya

Pepaya tidak hanya sarat akan mineral dan vitamin, tetapi juga memiliki kandungan gula rendah. Penelitian telah menunjukkan, pepaya memperlambat perkembangan diabetes tipe 2 dengan membantu sekresi insulin.

Amla

Amla kaya akan polifenol, selain memiliki sifat antioksidan. Karena itu, buah ini tidak hanya mencegah oksidasi dari gula darah, tetapi juga mengurangi resistensi insulin. Hal ini akan membantu penyerapan insulin yang mengakibatkan penurunan gula darah, sehingga sempurna bagi penderita diabetes.

Berries

Antosianin, senyawa alami yang hadir dalam berry dikenal dapat menurunkan kadar gula darah dengan merangsang produksi insulin. Sementara, benih blackberry ditemukan mengandung senyawa glikosida yang tidak hanya menghambat konversi pati tubuh menjadi residu gula, tetapi juga menurunkan kadar gula darah.

Ceri

Karena memiliki indeks glikemik rendah sampai 29, ceri adalah buah sempurna bagi penderita diabetes. Selain itu, ceri juga mengandung tinggi antioksidan, sehingga jika dikombinasikan dengan indeks glikemik rendah akan membantu menjaga kadar gula darah stabil.

Buah citrus

Jeruk, lemon dan jeruk bali tidak hanya nikmat, tetapi juga memberikan perlindungan bagi penderita diabetes. Selain itu, antioksidan yang hadir dalam buah ini juga membantu dalam pemecahan lemak tubuh dan mengontrol kadar insulin dalam tubuh, sehingga menjaga kadar gula darah tetap normal. Tak hanya itu, jeruk yang memiliki indeks glikemik rendah juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin dengan bantuan dari flavonoid.

(hel)