Share

HARI IBU 2016: Tips Mengelola Stres bagi Ibu Muda yang Tengah Mengandung

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 22 Desember 2016 19:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Boldsky)

IBU hamil yang bekerja, memang membutuhkan perjuangan lebih menghadapi tantangan harian. Tak hanya mengurus diri sendiri saja dan si bayi. Bumil butuh trik pintar untuk meredam stres saat sedang bekerja.

Menjadi ibu muda yang tengah mengandung, maupun sudah memiliki anak, mereka perlu secara cerdik untuk mengelola stres. Menurut psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, terkadang ibu muda kurang tangguh untuk menghadapi stres mereka.

"Kalau yang aku lihat sekarang, mereka kurang tangguh menghadapi sumber stres. Banyak sebenarnya ibu muda yang tangguh. Ketika menjadi ibu, nikmatilah dan jangan dilihat susahnya," ungkap wanita yang disapa Nina di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu 21 Desember 2016.

Nina menyampaikan, terdapat ada empat tahapan untuk mengelola stres ibu hamil yang bekerja, yakni avoid, alter, adapt, dan accept.

Avoid

Nina mengatakan, bila pekerjaan terlalu menuntut bumil mengeluarkan tenaga ekstra, lebih baik dihindari saja. Misalnya ibu perlu cerdik dalam memilih dan memilah pekerjaan. Bagaimanapun ibu hamil tidak boleh terlalu lelah.

Alter

"Ketika sumber stres bisa diutak-atik. Pekerjaan yang bikin stres, perlu diselesaikan pekerjaannya, sehingga ia tidak stres dari pekerjaan itu. Bagaimana kita perlu mengubah sumber stres," jelas Nina. Ibu juga perlu bijak dalam mengukur kemampuan dan juga tingkat stresnya.

Adapt

Kalau sumber stres tidak bisa diubah, coba untuk beradaptasi dengan kondisi stres tersebut. Lakukan kegiatan yang Anda senangi untuk menghindari stres. Misalnya, mendengarkan musik atau menelepon teman. Hal ini bisa membantu ibu beradaptasi dengan sumber stres.

Accept

"Begitulah kondisinya dan itu akan terjadi kepada saya dan bisa memberikan saya manfaat yang lebih baik untuk diri sendiri," imbuh Nina. Ada baiknya untuk berpikir positif dan mensyukuri kondisi stres, siapa tahu ada manfaat tak terduga di balik rintangan yang dihadapi ibu.

(hel)