Share

Susah Buang Air Kecil Bisa Jadi Awal Kanker Prostat?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2016 15:30 WIB
$detail['images_title']
Segera ke dokter jika susah buang air kecil (Foto: Thehealthsite)

SUSAH buang air kecil bisa sangat menyiksa, karena sakit yang dirasakan. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bila susah buang air kecil bisa menjadi gejala sejumlah penyakit, termasuk kanker prostat.

Karenanya, kanker prostat masih sering terlambat terdeteksi. Selain susah buang air kecil, ada beberapa gejala yang mungkin tanda kanker prostat. Berikut selengkapnya yang dilansir Thehealthsite:
Darah dalam urin
Ini adalah peringatan awal serius. Ketika ada pertumbuhan kanker di kelenjar prostat, maka bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan perdarahan. Kadang-kadang, darah juga dapat terlihat pada sperma saat ejakulasi. 
Susah buang air kecil
Tumor di kelenjar bawah kemungkinan besar menggangu fungsinya, seperti pipis dengan menekan uretra. Bahkan, pria sampai tidak dapat pipis. 
Anyang-anyangan
Sangat lambat atau membutuhkan kekuatan tambahan saat pipis atau biasa disebut anyang-anyangan. Hal ini bisa dikarenakan ketika tumor mulai tumbuh. 
Bocor
Jika tumor tumbuh agresif, maka akan mulai menghambat bagian halus dari urine dengan menekan uretra. Hal ini bisa mengakibatkan kebocoran atau urine bersisa di celana yang memalukan. 
Sering buang air kecil
Ketika ada urine tersisa dalam kandungan kemih, Anda mungkin akan sering pipis. Biasanya, sering buang air kecil terjadi pada malam hari, sehingga mengganggu tidur. 
Sensasi terbakar
Anda akan susah untuk buang air kecil ketika mengalami kanker prostat. Bahkan, Anda mungkin menderita sensasi terbakar atau nyeri saat pipis.

(hel)