Share

HARI KESEHATAN NASIONAL: Kesehatan Harta Berharga di Keluarga

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 12 November 2016 11:01 WIB
$detail['images_title']
Menkes Nila F Moeloek (Dok: Kemenkes)

BUKAN hanya keluarga yang menjadi harta berharga. Kesehatan juga merupakan anugerah Tuhan yang berharga untuk dipelihara, baik bagi pribadi maupun keluarga. Kesehatan juga merupakan investasi bernilai tinggi.

Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, mengingatkan bahwa kesehatan merupakan harta paling berharga yang harus kita jaga dan pelihara dengan berperilaku hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional (JKN).

“Ayo hidup sehat dengan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, konsumsi sayur dan buah setiap hari, makan makanan yang bergizi seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, serta cek kesehatan rutin dengan mengontrol tekanan darah, gula darah, serta kolesterol,” pesan Menkes dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN), Sabtu (12/11/2016).

HKN yang diperingati pada tanggal 12 November setiap tahun kali ini merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk berfokus pada pembangunan kesehatan dalam diri, keluarga, masyarakat dan negara. Pada peringatan kali ini, tema “Indonesia Cinta Sehat” dengan sub tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat” diusung Kemenkes.

“Tema ini harus dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS),” tambah Menkes Nila.

Peringatan HKN menjadi sebuah refleksi tentang apa saja upaya yang telah kita lakukan dalam menjaga kesehatan, terutama dalam menerapkan lebih banyak pendekatan promotif dan preventif dibandingkan kuratif dan rehabilitatif dalam keseharian kita, dikutip dari rilis yang diterima Okezone dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI.

(fid)