Share

Hal Aneh yang Mungkin Anda Temui di Air Seni

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 18 Agustus 2016 21:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Menshealth)

AIR seni umumnya berwarna dari putih ke kuningan dan cair ketika Anda cukup minum. Namun, adakalanya air seni dapat keluar dalam bentuk aneh, sehingga perlu Anda curigai.

Seperti apa air seni yang perlu dikhawatirkan? Berikut adalah beberapa kondisi air seni yang perlu Anda waspadai, seperti diterjemahkan dari Menshealth, Kamis (18/8/2016).

Air seni keruh

Kondisi ini bisa meramalkan adanya infeksi bakteri, khususnya bila disertai baru busuk dan sensasi terbakar. Kekeruhan bisa datang dari sisa sel darah putih yang telah bekerja melawan infeksi bakteri dalam saluran kencing Anda.

Air seni berdarah

Ditemukannya darah dalam urin laki-laki bisa menjadi sinyal dari pembesaran kelenjar prostat atau batu ginjal, bahkan kanker. Bila Anda melihat ini, sebaiknya Anda memeriksakan ini ke dokter.

Air seni berbuih

Terlalu banyak protein dalam air seni berarti ginjal Anda tidak berfungsi yang baik dalam menyaring protein. Ini bisa menjadi sinyal awal diabetes atau penyakit ginjal.

Air seni keruh kecokelatan

Air seni yang berwarna kecokelatan bisa menjadi pertanda adanya bakteri. Campuran darah juga kadang berwarna kecokelatan atau karena kontaminasi bilirubin, limbah buangan liver yang menjadi sinyal penyakit liver.

(hel)