Share

Ladies, Ternyata Ini yang Menyebabkan Anyang-Anyangan

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2016 18:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PERNAH merasa anyang-anyangan, merasa ingin buang air kecil dan air kencing keluar sedikit? Pasti, hal ini sangat mengganggu kegiatan dan aktifitas harian Anda. Sebenarnya apa sih penyebab gangguan ini?

"Anyang-anyangan terjadi karena bakteri. Kalau kita mau spesifik bisa terjadi pada wanita dan pria. Frequency dysuria, ada sakit saat mau kencing. Penyebab terbanyak karena infeksi saluran kencing membuat rangsangan kandung kencing," jelas dr Charles Martamba Hutasoit, SpU, spesialis urologi di Siloam Hospital, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (20/7/2016).

Memang, biasanya wanita sering mengalami rasa anyang-anyangan, terasa ingin kencing tetapi hanya sedikit saja yang keluar. Bakteri yang timbul bisa datang dari berbagai faktor.

"Kalau pada wanita bisa dikarenakan bakteri, seperti keputihan, lubang dubur, waktu sehabis olahraga tidak ganti celana dan terasa lembab. Faktor itu bisa menyebabkan anyang-anyang," ujar dr Charles.

Apabila terjadi demikian, satu-satu cara yang ia sarankan adalah minum air mineral yang banyak, sehingga rasa anyang-anyangan bisa segera hilang.

(hel)