Share

Waspada, Sering Kesemutan dan Kebas Awal Kerusakan Saraf

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 27 April 2016 14:22 WIB
$detail['images_title']
Sering kesemutan pertanda awal kerusakan saraf (Foto: Medicaldaily)

GAYA hidup kurang gerak dan kebiasaan melakukan aktivitas berulang yang melelahkan kerap memicu keluhan kesemutan dan kebas yang mengganggu. Meski terdengar sangat biasa, koadaan tersebut meningkatkan risiko gangguan saraf yang disebut neuropati.

Neuropati adalah kondisi gangguan dan kerusakan saraf yang ditandai dengan gejala seperti kesemutan, kebas, dan kram, kata dr Manfaluthy Hakim, SpS(K), Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat. Lebih dari 50 persen masyarakat saat ini terbukti melakukan berbagai aktivitas dan gaya hidup seharian yang meningkatkan risiko neuropati.

"Gaya hidup masa kini yang meningkatkan risiko neuropati adalah bekerja dengan laptop atau komputer, pekerjaan rumah tangga yang caranya salah sehingga meningkatkan risiko neuropati, kebiasaan menyetir, dan penggunaan high heels oleh wanita," paparnya dalam acara peluncuran "Kampanye Lawan Neuropati" oleh PERDOSSI dan MERCK, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Keluhan neuropati tersebut tidak hanya disebabkan hal tersebut, secara umum, setiap orang akan mengalami di mana fungsi saraf mulai terganggu karena penuaan. Neuropati juga sering muncul lebih dini karena komplikasi diabetes, defisiensi atau kekurangan vitamin B dari diet harian, penyakit infeksi, trauma penjepitan syaraf seperti carpal tunnel syndrom (CTS), kebiasaan minum alkohol berlebih yang sebabkan kerusakan saraf dan terhambatnya penyerapan vitamin B, dan sebagainya.

"Gejala neuropati dapat sebabkan penurunan kekuatan motorik, kemampuan merasa sehingga mudah terluka, impotensi, sampai depresi. Neuropati kronik tidak bisa sembuhkan, tapi bila masih dini atau ingin dikurangi, melakukan olahraga atau aktivitas fisik rutin dan perbaiki diet dengan menambah makanan bersumber vitamin B akan sangat membantu," pesan dokter yang berpraktik di RSCM ini.

(hel)