Share

Ini Pentingnya Ganti Pembalut 3 Jam Sekali!

Tentry Yudvi, Jurnalis · Sabtu 09 April 2016 19:33 WIB
$detail['images_title']
Gantilah pembalut dengan rutin (Foto: wisegeek)

VAGINA merupakan organ intim wanita yang harus selalu dijaga kebersihannya. Jika tidak dibersihkan, vagina akan mudah terkena keputihan, bau tidak sedap, dan infeksi lainnya. Lalu seperti apa cara menjaga kebersihan vagina?

Kebersihan vagina harus dijaga dari dalam dan dari luar tubuh. Misalnya, salah satu cara menjaga kesehatan vagina adalah dengan mengganti pembalut selama 3 jam sekali.

"Untuk menjaga kebersihan vagina, terutama jika memakai pantyliner dan pembalut selama 3 jam sekali," jelas Dr. Ogi Dewangga, SpOG, sebagai pakar kewanitaan yang ditemui di dalam acara "Bersih Sehat Alami, Bebas Worry, Softex Daun Sirih" di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (9/4/2016).

Penggantian pembalut  atau pantyliner selama 3 jam sangat disarankan untuk dilakukan karena kuman dalam vagina semakin terkumpul dalam rentang waktu tersebut. Jika tidak cepat diganti tentu akan menyebabkan iritasi, infeksi, serta bau tidak sedap.

"Kuman akan cepat terkumpul dalam waktu 3 jam. Dan semakin lama diganti akan membuat vagina muda terkena iritasi, infeksi, dan menimbulkan bau yang tidak sedap," jelas Dr. Ogi.

Tentu ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan terutama bagi wanita yang menstruasi. Darah merupakan media terbesar penyebaran kuman, sehingga pembersihan organ intim vagina harus dibersihkan secara teliti.

"Saat menstruasi darah yang dikeluarkan merupakan kumpulan kuman-kuman. Darah merupakan media terbesar untuk singgahnya kuman," jelas Dr. Ogi.

(hth)