Share

8 Hal Ini Menyebabkan Pria Impoten

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2016 01:10 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Mrfreet)

IMPOTENSI merupakan momok yang paling menakutkan bagi pria. Karena, impotensi bisa membuat pria tak lagi 'garang' di ranjang.

Hal ini tentu dapat membuat pria tak percaya, bahkan kehidupan seksual mereka terganggu. Karena itu, pria perlu mencegah impotensi, salah satunya dengan mengetahui penyebabnya.

Berikut 8 hal yang dapat menyebabkan pria mengalami impotensi sebagaimana dikutip Boldsky, Rabu (30/3/2016).

Pola makan yang buruk

Salah satu faktor yang memengaruhi produksi sperma yaitu pola makan yang buruk. Terlebih, jika Anda doyan junk food lebih mudah menurunkan jumlah sperma. Akibatnya, Anda yang ingin cepat punya anak lebih cepat sering gagal.

Obesitas

Menjaga berat badan yang sehat membantu untuk menjaga sperma Anda dalam kondisi baik. Jika Anda kelebihan berat badan dengan indeks masa tubuh 30 atau lebih tinggi, ada kemungkinan mengurangi kuantitas serta kualitas sperma Anda.

Merokok

Pria yang merokok secara teratur dapat menghancurkan kualitas spermanya. Apalagi bagi mereka yang perokok berat selalu mendapat ancaman disfungsi ereksi hingga mandul.

Alkohol

Pria yang menjadi peminum alkohol berat dapat memperburuk kualitas spermanya. Hal ini dapat memengaruhi jumlah hormon testosteron yang menjadi pemicu utama produksi sperma harian. Tidak hanya itu, minum alkohol juga memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Demam tinggi

Tahukah Anda, di saat tubuh mengalami demam tinggi dapat mempengaruhi pergerakan sperma. Hal ini terbukti bahwa dalam proses produksi sperma dan konsentrasi sperma mulai berkurang sekitar 35 persen.

Terpapar suhu dan udara panas

Kerja di lingkungan yang panas dapat memengaruhi suhu testis. Inilah yang membuat pergerakan sperma rendah, sehingga memengaruhi kesuburan. Sebagai contoh, saat Anda mandi dengan air hangat produksi sperma akan berhenti. Kalau kebiasaan ini tidak diubah, dapat membahayakan diri Anda.

Penuaan

Usia juga memengaruhi efek buruk pada jumlah sperma dan pergerakannya. Semakin bertambahnya usia, kualitas sperma seorang pria akan semakin berkurang.

Kekurangan vitamin

Jika tubuh kurang asupan vitamin juga menjadi salah satu faktor utama yang dapat memengaruhi pergerakan sperma. Jangan sampai tubuh Anda mengalami kekurangan eberapa vitamin dan kekurangan mineral, seperti zinc, selenium, vitamin B-12, asam folat dan antioksidan. Ini dapat berdampak buruk pada kualitas sperma.

(hel)