Share

6 Tips Makan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2016 08:00 WIB
$detail['images_title']
Makan sehat di kantor (Foto: Librarypaper)

PEKERJA kantoran terkadang sering mengabaikan pola makan mereka, sehingga cenderung tidak sehat.

Meski waktu terbatas karena sibuk dengan pekerjaan, sebenarnya selalu ada cara untuk menerapkan pola makan sehat. Berikut 6 tips makan sehat untuk pekerja kantoran seperti dikutip Thehealthsite, Rabu (10/1/2016).

Jangan melewatkan sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan jika ingin tetap fit dan sehat. Sarapan kaya protein akan membantu menjaga berat badan dan rasa lapar.

Makan biji-bijian

Mengonsumsi biji-bijian seperti gandum, oat, beras merah dan jagung membantu memenuhi kebutuhan serat. Pencernaan akan lancar, sehingga berat badan terjaga dan tubuh lebih sehat.

Makan teratur

Mengisi perut di antara waktu makan utama dengan buah-buahan akan membantu menjaga berat badan dan tubuh sehat. Hindari camilan tidak sehat yang banyak mengandung gula dan garam, karena menyebabkan kenaikan berat badan.

Menghindari garam

Cobalah untuk memilih makanan yang bebas garam dan lemak. Karena, terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung garam dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh.

Hindari minuman soda

Hindari minuman soda yang berkalori tinggi. Selain itu, Anda juga perlu menghindari minuman dingin dan jus, karena sarat akan gula. Jika ingin minum jus buah, maka buatlah sendiri dengan sedikit gula untuk mencegah diabetes.

Memilih makanan dengan bijaksana

Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk memasak, maka pastikan apa yang Anda makan sehat. Jangan memilih menu yang banyak kalori, tapi memilih makanan dengan sedikit minyak atau mentega.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)