Share

Inilah Salah Satu Penyebab Anda Pingsan

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 04 Januari 2016 11:30 WIB
$detail['images_title']
Wanita pingsan (Foto: Medicaldaily)

KITA semua mungkin pernah melihat adegan pingsan dalam film, terjadi ketika seorang karakter begitu terkejut atau emosional. Tapi, bisakah lonjakan emosi yang ekstrim benar-benar sebabkan seseorang pingsan? 

"Salah satu skenario umum adalah seseorang dapat pingsan setelah mendengar kabar buruk atau gembira yang berlebihan. Sebagai contoh, beberapa orang pingsan pada titik ketika kita mengatakan bahwa orang yang dicintai meninggal," jelas Dr Lai-Becker, MD, kepala pengobatan darurat di Cambridge Health Alliance.

Seperti dilansir dari Health, Senin (4/1/2016), pingsan bisa disebabkan oleh tekanan emosi atau sinkop psikogenik, bahkan lebih umum untuk mereka yang alami kecemasan, histeria, panik, atau gangguan depresi utama.

"Banyak dokter tidak akan setuju skenario pingsan ini hanya emosi yang luar biasa, melainkan kombinasi dari berbagai faktor lain," tambah Se Becker yang melanjutkan bahwa alasan lain dari pingsan saat mengalami lonjakan emosi termasuk tekanan darah rendah dan hiperventilasi yang sebabkan stres atau kecemasan ekstrim.

(hel)