Share

Stres Cenderung Banyak Makan, Ini Sebabnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2015 21:00 WIB
$detail['images_title']
Penyebab orang stres cenderung banyak makan (Foto: Getty Images)

APABILA Anda mengalami perasaan stres, nafsu makan Anda jadi meningkat. Akhirnya Anda pun sulit mengendalikan diri untuk berhenti makan, karena mendapat kepuasaan tersendiri. Ingin tahu penyebabnya?

Para ahli kesehatan jiwa, termasuk dr Andri SpKJ dari OMNI Hospital Alam Sutera membenarkan hal itu. Dia mengatakan, setiap orang stres, pasti ada salah satu bagian otaknya yang mendorong dirinya untuk melahap makanan sebanyak-banyaknya.

"Di daerah otak yang namanya hipotalamus mendorong orang stres jadi banyak makan. Biasanya mereka cenderung lebih banyak makan manis, sehingga membuat dia nyaman," ujar dr Andri saat bertandang ke News Room Okezone, di HighEnd Building, kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Akibatnya, dr Andri menambahkan, mereka yang stres akan menyesal kemudian. Bahkan dirinya pun mengalami sindrom penyakit bulimia nervosa.

"Bulimia nervosa muncul akibat seseorang makan berlebihan. Akhirnya makanannya dimuntahin begitu saja dan ini sama dengan gangguan makan," imbuh dia.

Lebih gawatnya lagi, di kala stres itu hilang, kenaikan berat badan juga terjadi. Hal inilah yang sebaiknya Anda harus hindari, karena stres ternyata dapat berujung efek samping fatal.

(ren)