Share

Rempah Ajaib Atasi Batuk Kering

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2015 19:25 WIB
$detail['images_title']
Rempah atasi batuk (Foto: Trummdrug)

SAAT menderita batuk kering, rasanya hidup Anda menjadi serba salah. Untuk mengatasinya, ada beberapa ramuan rempah alami yang cocok diolah menjadi minuman. Apa saja jenisnya?

Madu

Dikutip Zeenews, Jumat (30/10/2015), madu memiliki sifat analgesik yang menghilangkan lendir dan menenangkan tenggorokan Anda. Juga cairan yang dihasilkan lebah itu memiliki antioksidan dan antimikroba sifat kuat, yang efektif untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Obat alternatif ini cocok diminum siapa saja, termasuk orang dewasa dan anak-anak di atas dua tahun.

Jahe

Ini adalah salah satu obat alami terbaik untuk meredakan batuk. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan membantu menenangkan iritasi saat sakit tenggorokan. Cacah potongan jahe segar, lalu seduhlah dengan air hangat dan minumlah sebanyak tiga kali sehari, selama Anda batuk.

Kunyit

Kandungan kurkumin yang tinggi di dalam kunyit memiliki efek terapi pada batuk. Manfaat lainnya juga dapat mencegah infeksi virus seperti batuk dan pilek.

Tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit halus dan lada hitam dalam secangkir air hangat. Atau Anda juga dapat merebus kunyit segar, tambahkan sedikit madu dan minum tiga kali sehari.

Bawang putih

Senyawa aktif yang disebut allicin di dalam bawang putih bersifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus. Kalau Anda memakannya mentah atau diolah sebagai minuman, manfaatnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(ren)