Share

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Limfoma

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 15 September 2015 17:59 WIB
$detail['images_title']
Mengenal apa itu limfoma (Foto: 3rbdr)

KANKER kelenjar getah bening atau dikenal dengan limfoma membuat pasiennya mudah disembuhkan, jika sudah diketahui sejak stadium awal. Lalu, bagaimana sih seluk beluk dari penyakit yang rawan menyerang manusia itu?

Limfoma pertama kali ditemukan oleh Dr Thomas Hodgkin. Arti dari limfoma sebenarnya yaitu kanker kelenjar getah bening yang berasal dari sel limfosit yang tergolong salah satu sel darah putih. Sel itu biasanya ada di dalam arteri, vena dan getah bening tubuh manusia.

"Di dalam pembuluh darah kita ada banyak antibodi, yaitu limfosit B, C dan T. Apabila terjadi limfoma, limfosit B dan T mulai neko-neko alias terserang virus," kata Dr dr Andhika Rachman, SpPD, KHOM saat Press Conference Peringatan Hari Limfoma 2015 di Double Tree Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015).

Penyakit ini terbagi atas dua jenis. Pertama yaitu limfoma hodgkin yang mudah menyebar pada aliran darah dan menyebar ke organ lain seperti paru-paru, hati, dan sumsum tulang belakang. Kedua yaitu non hodgkin limfoma yang merusak sistem kekebalan tubuh karena serangan bakteri, virus dan parasit.

"Non Hodgkin Limfoma termasuk ganas, tapi satu-satunya kanker yang bisa sembuh total. Pasien banyak banget dan di dunia survivornya juga banyak," ujar dr Andhika.

Bahayanya limfoma bisa berada di mana saja, seperti halnya ditemukan di tulang, limpa, hidung, kepala atau bahkan ketiak. Tanda-tandanya juga sangat mudah dikenali, salah satunya seperti muncul benjolan di bagian organ tubuh yang menyakitkan.

"Deteksi dini limfoma sangatlah penting. Karena jika penyakit ini diketahui saat tumor jinak atau stadium awal, tentu pengobatannya juga mudah dan pasien bisa sembuh total tanpa operasi," simpul dia.

(ren)