Share

Ramuan Ini Ampuh Redakan Sakit Perut

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2015 20:06 WIB
$detail['images_title']
Bahan alami atasi sakit perut (Foto: Topsante)

SAKIT perut adalah keluhan umum yang mempengaruhi kondisi kesehatan orang dari segala usia. Untuk meredakannya, banyak obat sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah kapan saja.

Perlu diketahui, sakit perut biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan, kram menstruasi, sindrom iritasi usus besar atau bahkan gastritis. Berikut ini enam cara sederhana redakan gejala sakit perut dalam kondisi tertentu, sebagaimana dikutip Timesofindia, Selasa (4/8/2015).

Teh chamomile

Ketika perut Anda sakit selama menstruasi cobalah menghirup secangkir teh chamomile panas. Ini akan meringankan kram dalam waktu beberapa menit. Bahkan sakit perut biasa juga dapat diobati dengan teh chamomile. Karenanya, bersifat anti-inflamasi yang akan mengendurkan otot-otot saluran pencernaan bagian atas.

Air hangat

Kompresan air hangat juga merupakan cara yang efektif untuk mengobati sakit perut. Gunakan kain yang dicelup dengan air hangat atau botol kaca yang diisi air panas. Ini akan mengendurkan otot perut Anda dan meringankan ketidaknyamanan saat sakit perut.

Air beras matang

Nenek moyang kita menyarankan untuk minum air beras yang sudah direbus saat merasakan sakit perut. Ramuan ini efektif mengatasi rasa dan menenangkan peradangan otot.

Teh peppermint

Selain untuk pereda tenggorokan, secangkir teh peppermint hangat juga ampuh mengobati sakit perut. Ini memastikan bahwa saluran pencernaan Anda bekerja dengan baik sehingga memudahkan pencernaan memproses segala macam makanan yang masuk ke dalam bagian perut.

Air lemon hangat

Tambahkan beberapa tetes jus lemon dalam segelas air panas dan minumlah. Hal ini akan membantu meningkatkan produksi asam klorida, yang dikenal untuk memecah makanan yang Anda konsumsi dan memastikan pencernaan mudah memprosesnya

Teh jahe

Teh Jahe merupakan pilihan obat yang baik untuk meredakan sakit perut. Cukup tambahkan beberapa potongan jahe untuk secangkir teh panas dan minumlah. Zat alami dalam jahe mengendurkan otot-otot perut dan meredakan kram. Anda juga bisa menambahkan potongan ke dalam secangkir air hangat dan madu, lalu minumlah.

(ren)