Share

Alasan Seseorang Harus Pakai Gigi Palsu

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2015 17:01 WIB
$detail['images_title']
Gigi palsu (Foto: Wisegeek)

BANYAK alasan yang mendasari Anda harus menggunakan gigi tiruan. Salah satunya, gigi tiruan terbukti efektif menggantikan gigi berlubang, untuk meminimalisir gangguan kesehatan di sekitar rongga mulut.

Dokter Spesialis Prostodonsia drg Susi Puspitadewi SpProst mengatakan, sudah 20 juta penduduk Indonesia tercatat menggunakan gigi tiruan. Cara ini bisa menggantikan gigi yang rusak atau lubang akibat kejadian tertentu.

"Gigi tiruan memang dirancang unuk menggantikan gigi tetap yang rusak akibat kecelakaan atau bolong," kata drg Susi kepada Okezone saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, belum lama ini.

drg Susi menambahkan, bila Anda tidak memakai gigi tiruan dampaknya banyak sekali. Misalnya yaitu mempengaruhi fungsi bicara seseorang, mengganggu fungsi pengunyahan hingga menyebabkan gangguan kerja sendi.

"Efek paling parah kalau gak pakai gigi tiruan adalah ngunyah makanan jadi kasar dan bisa ganggu fungsi pencernaan," ungkap drg Susi.

Dengan begitu, drg Susi mengingatkan agar kita tidak perlu takut pakai gigi tiruan bila diperlukan. Karenamya, cara merawat gigi tiruan sangat mudah dan bisa diganti kapanpun sesuai saran dokter.

(ren)