Share

Efek Samping Makanan Asam untuk Kesehatan

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2015 17:57 WIB
$detail['images_title']
Efek samping makanan asam (Foto: Boldsky)

MAKANAN bersifat asam bukan berarti makanan yang terasa asam di lidah, melainkan makanan dengan sifat alkalin yang rendah. Beberapa penyakit bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan asam dalam tubuh.

Makanan bersifat asam ini seperti ikan, produk susu, daging, bahkan gandum. Makanan tersebut bisa menguras mineral seperti sodium, potasium, dan kalsium. Masalah seperti pembengkakan otot dan sendi bisa terjadi akibat konsumsi makanan asam yang berlebihan.

Selain itu, ada beberapa dampak negatif dari konsumsi makan makanan bersifat asam berlebihan, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Rabu (3/6/2015).

Gula darah naik turun

Naik turunnya kadar gula darah secara drastis bisa disebabkan konsumsi makanan bersifat asam. Kondisi gula darah yang tidak stabil dapat memicu munculnya risiko diabetes.

Masalah pencernaan

Sejumlah masalah pencernaan dapat meningkat bila seseorang mengalami sembelit. Sembelit adalah salah satu efek negatif yang umum bila kita berlebihan mengonsumsi makanan bersifat asam.

Masalah lainnya

Kulit kering, imunitas tubuh melemah, dan sakit kepala adalah beberapa efek samping umum dari konsumsi makanan bersifat asam secara berlebihan.

(ren)