Share

Mali Dinyatakan Bebas Ebola

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 19 Januari 2015 18:24 WIB
$detail['images_title']
Mali dinyatakan bebas ebola (Foto: Haveeru)

NEGARA Republik Mali telah dinyatakan terbebas dari wabah Ebola setelah 42 hari tanpa laporan kasus baru. Hal ini dinyatakan langsung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu malam, 18 Januari 2015.

Menteri Kesehatan Mali, Ousmane Kone, membuat pengumuman dalam siaran nasional pada kemarin malam. Dalam pidatonya, Kone menyampaikan pujian kepada para tenaga kesehatan dan otoritas negara tersebut kerja intens mereka selama ini sehingga membuahkan hasil tersebut.

Mali mencatat kasus Ebola pertama mereka pada bulan Oktober lalu, setelah seorang anak berusia dua tahun terinfeksi virus mematikan tersebut. Setelah kasus tersebut, negara di Afrika Barat tersebut mulai meluncurkan kampanye masif untuk eradikasi Ebola.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Senin (19/1/2015), Ebola di negara tersebut hanya menginfeksi delapan warga, namun enam di antaranya meninggal, menurut statistik yang dikumpulkan oleh WHO.

Korban di Mali memang terbilang sedikit, daripada jumlah korban di seluruh dunia yang telah memakan lebih dari 8.400 korban meninggal.

(ren)