Share

Peneliti Upayakan Vaksin Ebola Tersedia Juli 2015

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Selasa 05 Agustus 2014 14:28 WIB
$detail['images_title']
Peneliti Upayakan Vaksin Ebola Tersedia Juli 2015 (Foto: Mirror)

PEJABAT dari Badan Kesehatan Penyakit Menular Dunia menyatakan, ada harapan bahwa vaksin untuk mengobati virus Ebola tersedia pada awal Juli tahun depan.

Dr Anthony Fauci dari National Institutes of Health menerangkan bahwa vaksin untuk pencegahan sudah sukses diuji pada monyet. Sementara, untuk percobaan pada manusia, lanjut Fauci, akan dimulai pada September tahun ini. (Baca: Pasien Ebola Asal Amerika Serikat Membaik)

"Pada bulan Juli itu, vaksin harus siap," tegasnya, seperti dilansir Foxnews, Selasa (5/8/2014)

Dia juga mengatakan, warga Amerika Serikat tidak perlu takut dengan pasien terinfeksi virus Ebola setelah melakukan perjalanan dari Afrika Barat. Pasalnya, semua sudah bisa ditangani dengan aman. (Baca: Penularan Ebola Meluas, Petugas Kesehatan Harus Lebih Waspada)

Seperti diketahui, hingga saat ini Ebola belum memiliki vaksin, dari pencegahan sampai pengobatan. Proses penularannya sendiri dilakukan melalui kontak fisik dengan cairan tubuh dan darah. Sampai saat ini, WHO (World Health Organization) mencatat bahwa total 358 orang meninggal di Guinea, 255 orang di Liberia, dan 273 di Sierra Leona, serta satu orang di Nigeria akibat Ebola.

(fik)