Share

Ini Lima Penelitian yang Dukung Manfaat Bersepeda

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Jum'at 02 Mei 2014 12:48 WIB
$detail['images_title']
Wanita yang bersepeda (Foto: Womenshealthmag)

BILA Anda seseorang yang menyukai olah raga bersepeda tiap minggunya. Mungkin ini keputusan yang tepat. Pasalnya olahraga fisik tersebut tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun dengan mengayuh sepeda bisa menjaga tubuh kita dari penyakit kronis lho, Tidak percaya?

Berikut ulasannya seperti dilansir Womenshealthmag.

Bersepeda membantu Anda menjaga berat badan tetap sehat

Menurut sebuah studi dari Archives of Internal Medicine, bersepeda bisa membantu dengan memelihara berat badan tetap sehat dalam waktu lama. Wanita yang bersepeda selama empat jam seminggu, lebih sedikit kemungkinanya untuk mendapatkan berat badan selama 16 tahun ketimbang wanita yang tak berolahraga.

Bersepeda menurunkan risiko penyakit jantung

Bersepeda secara teratur bisa meningkatkan kesehatan jantung, menurut studi dari British Medical Association. Lebih lanjut, wanita yang bersepeda 20 mil seminggu bisa memotong risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

Bersepeda meningkatkan mood Anda.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Portland State University,  bahwa pekerja yang bersepeda ke kantor memiliki mood yang lebih baik. Bahkan lebih tinggi dibanding bekerja berjalan kaki.

Bersepeda menurunkan risiko kanker payudara

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Epidemiology, wanita yang berjalan atau bersepeda lebih dari 30 menit ke kantornya memiliki risiko sedikit lebih rendah terkena kanker payudara, ketimbang mereka yang naik kendaraan.

Bersepeda bisa mencegah penyakit

Satu penelitian yang diterbitkan jurnal Preventive Medicine menemukan, orang yang menerapkan bike to work biasanya lebih sedikit untuk jatuh sakit. Terlebih lagi, para bikers dalam penelitian ini juga memiliki kesehatan yang baik sehingga hasilnya mereka hanya mengalami sedikit keluhan.

(ren)