Share

Semangka Atasi Nyeri Otot Tubuh?

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2013 10:53 WIB
$detail['images_title']
Makan semangka, ( Foto: Totalshowbiz)

PERNAHKAH Anda mengalami nyeri otot tertentu usai berolahraga dan berharap secepatnya hilang, tapi tak kunjung sembuh? Bila iya, Anda tak perlu khawatir lagi sekarang. Cukup konsumsi buah semangka, keluhan Anda bisa cepat hilang.  

Hasil penelitian terbaru dari Spanyol menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi semangka bisa mengatasi rasa nyeri otot dalam tubuh dengan mudah.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan instruksi kepada responden untuk melakukan olahraga bersepeda yang melelahkan. Kemudian mereka mengonsumsi sekira 17 ons jus semangka tak dipasteurisasi, yang dibuat dengan mencairkan semangka segar dalam blender. Dalam jus itu mengandung 1,17 gram citrulline atau asam amino dari semangka yang nyaris absen dari semua makanan alami. Demikian seperti dilansir Menshealth.

 

Setelah melewati masa penelitian, peneliti menemukan bahwa jus semangka bisa membantu responden mengatasi rasa nyeri otot kurang dari 24 jam secara signifikan, ketimbang mereka yang mengonsumsi jus koktail seusai berolahraga berat.

 

Kendati begitu, ditemukan masalah dalam penelitian ini, yakni hanya tujuh orang responden yang terlibat dalam penelitian. Sehingga sulit diambil kesimpulan nyata dari hasil temuan.

 

Selanjutnya peneliti menganjurkan untuk mendapatkan khasiat penelitian ini, Anda cukup mengonsumsi semangka sekaligus sepertiga dari kulit semangka. Di samping itu, Anda bisa melakukan beberapa gerakan, sebab hasil penelitian Australia menemukan bahwa mengangkat beban ringan setiap hari setelah olahraga keras bisa mendapat penurunan 40 persen nyeri otot, dibandingkan mereka yang tak berolahraga. Kondisi itu bisa terjadi karena latihan ringan bisa meningkatkan aliran darah ke jaringan otot yang rusak, sehingga bisa mempercepat pemulihan atau mengurangi rasa nyeri.

 

Untuk mendapat manfaat latihan ringan, Anda tak perlu pergi ke gym. Sebab, melakukan 20 kali push-up sebanyak dua set setelah berolahraga berat bisa membantu menyingkirkan rasa nyeri.

(tty)