Share

Puasa Bikin Fungsi Ginjal Lansia Membaik

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2013 11:59 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi puasa (Foto: Google)

PUASA Ramadhan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tak terkecuali seorang yang sudah berusia lanjut. Salah satu manfaatnya ialah memperbaiki fungsi ginjal jadi lebih baik.

Hal ini diungkap oleh Dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia menjelaskan bahwa manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan tubuh juga masih bisa dirasakan kendati seorang sudah dalam usia lanjut. Bila lansia menjalani puasa dengan disertai asupan minum yang cukup, puasa tersebut bisa memperbaiki fungsi ginjalnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Puasa yang sudah dipersiapkan dengan baik, akan membuat fungsi ginjal seorang lansia membaik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian terhadap responden berusia 60 tahun ke atas, yang mana penelitian ini ingin mengetahui pengaruh asupan cairan selama puasa Ramadhan terhadap fungsi ginjal. Ditemukan, fungsi ginjal seorang lansia membaik pada hari ke-28 Ramadhan dan hari ke-14 setelah Ramadhan," katanya dalam acara yang bertema Meraih Kesempurnaan Ibadah Puasa dengan Sehat Fisik dan Jasmani, di Aula Fakultas Kedokteran Indonesia, Jakarta, belum lama ini.

Ia menambahkan bahwa kebenaran manfaat ini sudah valid, semua data diolah secara klinis berdasarkan nilai CCT. Sehingga dari sana disimpulkan bahwa ada kecenderungan perbaikan fungsi ginjal selama puasa.

Kemudian, tambah Dr. Edy, hal ini juga sekaligus menegaskan bahwa tak ada gangguan fungsi ginjal yang akan dialami selama menjalani puasa Ramadhan. Jadi para orangtua yang sudah berusia lanjut tak perlu takut bila ingin menjalani puasa Ramadhan.

"Selama asupan air putih cukup dalam tubuh, yang merupakan tonggak fungsi ginjal. Semua orang yang sudah dalam usia lanjut aman menjalani puasa Ramadhan," tutupnya.

(ind)