Share

Pernah Kanker Payudara, Rima Melati Getol Tularkan Hidup Sehat

Galih Setiono, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2012 13:17 WIB
$detail['images_title']
Rima Melati (Foto: Kapanlagi)

SEMPAT mengidap kanker payudara, Rima Melati tak ingin wanita lain menderita hal yang sama. Ia pun tak sungkan berbagi pengalaman dan menularkan gaya hidup sehat pada wanita di luar sana.

Kanker payudara merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita. Sebagian besar, penderita penyakit ini tak sadar mengenai gejalanya. Alhasil, banyak penderita yang terlambat ditangani dan berujung pada kematian.

Kanker payudara tak hanya hinggap pada wanita, pria juga dapat terkena oleh penyakit ini. Maraknya penderita yang sembuh dari penyakit ini, menjadi pembicara dalam berbagai penyuluhan, seminar, dan lainnya. Itulah yang dilakukan Rima Melati saat ini. Setelah hilang penyakit tersebut dari tubuhnya, kini ia ajarkan masyarakat agar penanganan kanker payudara dapat dicegah sedini mungkin.

"Jika ada benjolan ketiak di sekitar payudara dan ketiak, kita harus segera periksa ke dokter," ujar aktris berumur 73 tahun ini saat ditemui Okezone di Yayasan Kesehatan Kanker Payudara, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Selain memeriksa kesehatan payudara sedini mungkin, istri dari Frans Tumbuan ini mengatakan bahwa pola hidup sehat menjadi faktor penting untuk dijaga. Pasalnya, pola hidup yang sehat dapat menghindarkan diri dari berbagai serangan penyakit. "Hidup sehat itu perlu, terutama hendikan kebiasaan merokok," pungkasnya. (ind)

(tty)