Share

Sejuta Manfaat Ikan Salmon untuk Tubuh

Gustia Martha Putri, Jurnalis · Rabu 27 Juni 2012 15:29 WIB
$detail['images_title']
Salmon baik untuk kesehatan (Foto: Corbis)

MAKAN salmon disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tapi sebenarnya, apa saja manfaat makan ikan salmon?
 

Ikan salmon menjadi primadona lantaran kandungan omega-3 yang tinggi di dalamnya. Berikut beberapa manfaat makan ikan salmon, sebagaimana dilansir Healthylifeclub.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Meningkatkan fungsi otak dan memori

 

Vitamin A dan asam-asam amino yang ditemukan dalam ikan salmon sangat efisien dalam merangsang aktivitas otak dan membuat fungsi memori Anda secara optimal. Komponen ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel otak.

 

Meningkatkan metabolisme

 

Salmon mengandung nutrisi yang memfasilitasi penyerapan gula dalam tubuh dan dalam proses ini dikenal sebagai pengendali diabetes terbaik dan pengendali gula darah.

 

Pengembangan otot

 

Salmon mengandung protein dan asam amino yang merupakan blok bangunan terbaik untuk pengembangan otot. Nutrisi ini juga terkenal untuk mengembangkan jaringan tubuh.

 

Mencegah serangan jantung

 

Serangan jantung terutama disebabkan oleh tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh. Tingkat kolesterol yang tinggi pada gilirannya menyebabkan peningkatan tekanan darah yang menyebabkan pembuluh darah mengeras, sehingga terjadilah serangan jantung. Agar Anda tak menjadi korban serangan jantung, salmon merupakan makanan terbaik untuk dikonsumsi. Karena umumnya, salmon mengurangi masalah kardiovaskular.

 

Mengurangi peradangan

 

Pembekuan darah bisa sangat berbahaya dan kadang-kadang menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Salmon mengurangi kemungkinan pembekuan darah, maka sepenuhnya menghilangkan risiko stroke, radang sendi darah, atau kanker.

 

Mengurangi depresi

 

Salmon merupakan salah satu depresan terbaik yang pernah tersedia di pasar. Hal ini karena mereka mengandung omega-6 yang sangat efektif dalam mengurangi depresi dan jenis-jenis stres.

 

Meningkatkan daya pandang mata

 

Lemak omega-3 yang terdapat di dalam salmon membantu dalam memerangi masalah kronis mata kering, sehingga meningkatkan pandangan Anda selama usia tua.

 

Menjaga kulit dan rambut tetap sehat

 

Saat Anda mengonsumsi salmon, saat itu pula Anda memberikan nutrisi lemak omega-3 pada kulit yang senantiasa dapat membuat Anda terlihat awet muda. Tak hanya kulit, omega-3 dan protein dalam ikan salmon menjaga kekuatan rambut. (ina)

(tty)