Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Paparan Abu Vulkanik, Waspadai Pencemaran Air & Makanan

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone
Selasa, 18 Februari 2014 00:33 wib
detail berita
Kepungan abu vulkanik (Foto: ANT/Trial)
ADA banyak risiko kesehatan yang terjadi ketika abu vulkanik terpapar. Selain kesehatan yang terancam, abu vulkanik juga mengancam pencemaran air dan makanan.

Hal ini tentu saja meningkatkan risiko kesehatan korban erupsi Gunung Kelud yang terancam hal tersebut. Karenanya, masyarakat diminta waspada dengan ancaman itu.

Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM menuturkan, dalam kondisi itu masyarakat harus mewaspadai apakah air di sekitarnya tersebut tercemar atau tidak.

"Jadi kita juga harus lihat pembersihannya juga. Lihat juga keadaan makanan dan minuman yang terpapar debu atau tidak," tuturnya kepada Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

Dr Ari menyarankan, ketika makanan dan minuman, serta air di sekitar rumah terpapar debu, maka pilihan terbaik menggunakan makanan kemasan.

"Jika memang sudah parah sekali, pilihlah makanan kemasan yang kondisinya memang tertutup. Selain itu, sayuran dan buah yang akan dikonsumsi, penting sekali untuk mencucinya sehingga debunya terlepas. Hanya saja, perhatikan juga apakah air yang digunakan untuk mencuci tercemar atau tidak," tutupnya. (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Jangan Biarkan Kulit Dehidrasi Selama Puasa
Kekurangan air dan nutrisi bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering dan kusam selama sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, kulit tetap harus mendapat perhatian.

Food

Mendekati Lebaran, Penyanyi Terry Siapkan Nasi Kebuli
Mempunyai keturunan Arab, penyanyi cantik Terry sering menghidangkan nasi kebuli pada acara tertentu. Terlebih mendekati Lebaran.

Property

Cantiknya Markas Baru Platform SoundCloud di Berlin
Bagi Anda penggemar musik, pasti sudah tidak asing lagi mendengan aplikasi SoundCloud. Platform milik Alexander Ljung dan Eric Wahlforss ini, meresmikan kantor terbarunya di sebuah gedung perkantoran yang bernama Factory di Berlin,