Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Dampak Konsumsi Antibitoik Tanpa Resep Dokter

Helmi Ade Saputra - Okezone
Sabtu, 25 Januari 2014 03:12 wib
detail berita
Obat antibiotik (Magforwomen)
 
KETIKA tubuh terserang oleh infeksi virus, hampir sebagian besar orang akan langsung mengonsumsi antibiotik. Padahal, antibiotik diresepkan oleh dokter untuk melawan infeksi bakteri dan hanya untuk meringankan gejala.
 
Selain itu, antibiotik juga tidak boleh dikonsumsi tanpa resep dari dokter karena untuk menghindari dampak buruk dari konsumsi secara berlebihan. Berikut ini alasan mengapa konsumsi antibiotik tanpa resep dokter tidak dianjurkan, sebagaimana dilansir Magforwomen.
 
Tidak efektif terhadap infeksi virus
 
Antibiotik bekerja hanya terhadap infeksi bakteri, oleh karena antibiotik tidak bekerja ketika infeksi virus menyerang. Mengonsumsi antibiotik tanpa mengetahui penyebabnya hanya akan membuat masalah semakin buruk.
 
Resistensi antibiotik
 
Ketika antibiotik tidak bekerja di tubuh Anda, pada akhirnya akan menimbulkan perlawanan dalam tubuh, sehingga tidak lagi bereaksi terhadap antibodi ketika infeksi bakteri menyerang. Resistensi antibiotik sebenarnya menyebabkan lebih banyak kekhawatiran terhadap kesehatan daripada penyakit lainnya.
 
Meningkatkan jumlah kuman
 
Terlalu banyak mengonsumsi antibiotik juga menyebabkan peningkatan kuman yang resisten terhadap obat. Hal ini akan membuat produsen obat harus terus memproduksi jenis obat yang lebih baru.
 
Efek samping berbahaya
 
Mengonsumsi antibiotik tanpa resep hanya akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Hal ini bisa sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak jika mereka alergi terhadap setiap komponen dalam antibiotik.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Food

Zidan Senang Eksperimen Makanan
Setelah selesai mengikuti ajang kompetisi Junior MasterChef Indonesia 2014, popularitas Zidan semakin melambung tinggi. Dia pun mengaku senang eksperimen makanan.

Property

Perbedaan Investasi Properti di Australia dengan Indonesia
Australia adalah salah satu benua yang terdekat dengan Indonesia. Dengan kedekatan geografis ini tidak ada salahnya menjadikan Australia sebagai salah satu destinasi investasi properi Anda.