Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE

Scan MRI Bisa Prediksi Serangan Jantung Pasien Diabetes

Helmi Ade Saputra - Okezone
Kamis, 12 September 2013 11:18 wib
detail berita
Scan MRI (Foto: Google)
SCAN MRI (Magnetic Resonance Imaging) telah menjadi kontroversi di kalangan medis. Hal ini disebabkan hasil dari pemeriksaan Scan MRI terkadang meningkatkan kecemasan pasien karena prediksi akan risiko penyakit terhadap pasien.

Namun, studi baru menunjukkan scan MRI dapat membantu memprediksi serangan jantung dan stroke pada diabetesi. Selain itu, mungkin pada kenyataannya scan MRI bisa menjadi alat non-invasif yang berharga untuk mengukur risiko penyakit.

Lebih lanjut, peneliti dari The Department of Radiology di Maximilians University, Jerman mengamati pasien diabetes selama periode 6 tahun yang di scan MRI untuk melacak risiko kardiovaskular.

Kemudian, para peneliti menemukan, tingkat aterosklerosis pada mereka yang telah dilakukan scan. Aterosklerosis adalah suatu kondisi penyumbatan atau penebalan dinding arteri, dan jauh lebih mungkin untuk terkena penyakit serangan jantung serta stroke.

Selanjutnya, pemimpin penelitian, Fabian Bamberg, MD mengatakan penelitian mereka memberi bukti bahwa scan MRI efektif dapat memprediksi risiko masalah kardiovaskular bagi pasien diabetes. Hal ini berarti scan MRI bisa memprediksi jauh sebelum gejala-gejala muncul, sehingga bisa digunakan untuk mengobati atau bahkan mencegahnya.

“Salah satu keuntungan dari MRI adalah teknik itu sendiri tidak terkait paparan radiasi. Selain itu, daerah tubuh yang lebih besar dapat ditutupi tanpa adanya peningkatan risiko, terutama pada pasien berusia muda,”kata Dr Bamberg, dikutip Newsmaxhealth.

Ia menambahkan, pasien diabetes berisiko mengembangkan aterosklerosis dengan cepat. Oleh sebab itu, mereka berisiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung dan penyakit stroke. Dengan MRI kita dapat membantu mengidentifikasi risiko tinggi pasien untuk perawatan intensif atau observasi ke depannya. (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »