Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH

Perkembangan & Kemampuan Bayi 0-7 Bulan

Mom & Kiddie
Jum'at, 6 September 2013 03:09 wib
detail berita
Bayi tengkurep (Foto: Google)
KEMAMPUAN bayi berbeda-beda pada setiap tahapan usianya. Di bawah ini adalah tabel tahapan perkembangan yang harus dicapai bayi usia 0-7 bulan.

Di tahap awal perkembangannya, bayi menunjukkan beberapa hal yang perlu Moms tahu. Apa sajakah itu?  Tabloid Mom & Kiddie memberikan ulasannya.

Aspek Perkembangan Umur rata-rata & Perkembangan

1-3 bulan

Motorik:   Mengangkat kepala dan dada dengan lengan pada waktu tengkurap, menggapai mainan yang digerakkan, menggapai ke arah objek yang menghilang, memerhatikan wajah orang, dan mengikuti objek yang bergerak.

Bahasa:    Meniru beberapa bunyi, mulai berceloteh, dan tersenyum bila mendengar bunyi yang dikenali.

Kognitif:    Senang bermain, dan memasukkan mainan ke dalam mulut.

Sosial:    Mulai tersenyum, melihat wajah dan mendengar suara, menggerakkan kepala berirama, kontak sosial, dan senang mendengar musik.

4-7 bulan

Motorik:     Duduk, menyangga beban tubuhnya dengan kaki, dan memindahkan objek dari tangan satu tangan lainnya.

Bahasa:    Respons terhadap kata ‘tidak’, menggunakan suara untuk mengekspresikan rasa senang dan tidak senang, serta mengikuti satu perintah dengan gerakan isyarat dan mengucapkan satu atau beberapa suku kata.

Kognitif:    Berusaha meraih benda yang agak jauh dari jangkauannya dan mengeksplorasi benda dengan menggunakan tangan dan mulut.

Sosial:    Lebih menyukai ibu, tertawa keras, menunjukkan ketidaksukaan bila kontak sosial berhenti, menyukai cermin dan senang berceloteh. (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Food

Fun Easter Brunch bersama Harris Dino
Rayakan Paskah tahun ini bersama teman dan keluarga di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading. Nikmati kelezatan Easter Brunch di Harris Cafe pada Minggu, 20 April 2014, dan bawa serta buah hati untuk bergembira bersama Harris Dino.

Property

Green Building Memang Mahal, Tapi..
"Kebanyakan perusahaan asing yang berkantor di Indonesia tidak mau kalau kantornya tidak green building. Karena memang mereka lebih cenderung menginginkan hemat dari segi operasional gedung,"