Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT

Rasakan Gejala Ini, Waspada Kaki Anda Terserang Diabetes

Qalbinur Nawawi - Okezone
Senin, 26 Agustus 2013 22:26 wib
detail berita
Kaki diabetik (Foto: Healthmeup)
KAKI diabetik merupakan efek penyakit diabetes yang harus dihindari. Pasalnya, gangguan pada organ ini tak hanya mengganggu aktivitas harian seseorang tapi juga bisa mengancam nyawa seseorang.

Kaki diabetes biasanya terjadi akibat dari neuropati diabetes, yang berarti adanya kerusakan pada saraf karena gula darah tak terkontrol. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, hampir 27 persen dari penderita diabetes berisiko terkena neuropati perifer dan lebih dari 50 persen dari mereka terluka pada kaki, bahkan amputasi yang berefek tingkat kematian yang tinggi.

Kondisi ini bisa terjadi diakibatkan meningkatnya kadar gula darah sehingga sirkulasi darah di kaki rusak dan saraf mungkin jadi kurang sensitif yang mengarah ke kaki diabetik. Kemudian, kondisi itu pun diperparah dengan adanya neuropati, penyakit pembuluh darah perifer dan infeksi yang membuat hilangnya sensitivitas sentuhan di kaki serta membuat penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi kaki yang lain

Ada juga penurunan keringat dan fungsi kelenjar minyak yang melumasi kulit kaki. Akibatnya, kaki kehilangan kemampuan alami untuk melembabkan kulit diatasnya, alhasil menjadi kering. Faktor-faktor ini bisa menyebabkan tekanan abnormal pada kulit, tulang dan sendi kaki selama berjalan dan bisa menyebabkan kerusakan pada kulit di kaki. Karena tak ada rasa sakit, kebanyakan pasien tak menyadari gawatnya situasi ini dan cenderung mengabaikan luka ringan seperti lecet karena sepatu. Penyakit vaskular perifer, di sisi lain, berkontribusi untuk ulserasi (adanya luka terbuka yang sulit untuk sembuh) dan menyebabkan penyembuhan luka tersebut tertunda.Tak hanya itu, kaki diabetik bisa berinfeksi dan saat infeksi menyebar ke tulang sehingga dapat menyebabkan amputasi.

Dengan demikian, tak ada salahnya Anda mengenal gejala kaki diabetes. Sehingga Anda para diabetesi bisa mengambil langkah pencegahan terbaik agar efek diabetes tak menyebar. Untuk mengetahui apa saja gejala kaki diabetes. Berikut paparannya seperti dilansir Healthmeup.

 - Muncul rasa kesemutan atau rasa terbakar di jari kaki dan kaki

- Kaki mati rasa

- Nyeri akut atau menusuk

- Masalah kaki serius seperti borok, cacat di kaki

- Kesulitan saat berjalan (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Ingin Kenikmatan Seks? Coba Bertengkar di Ranjang!

Pria sangat suka bereksperimen soal seks. Sayangnya, wanita masih suka malu-malu untuk mengungkapkan hasrat bercinta kepada pasangan.

Food

Hanya Ada Sebulan, Sandwich Ayam KFC "Menggemuk"
MAKAN sandwich pada umumnya berupa roti yang diisi dengan telur goreng, potongan sayur seperti selada dan tomat, serta diberi keju dan saus. Tapi apa jadinya kalau sandwich yang Anda makan berupa ayam.

Property

Green Building Memang Mahal, Tapi..
"Kebanyakan perusahaan asing yang berkantor di Indonesia tidak mau kalau kantornya tidak green building. Karena memang mereka lebih cenderung menginginkan hemat dari segi operasional gedung,"