Getting time...
OKEHEALTH | DETAIL SEXUAL HEALTH

Miliki Kista, Bisakah Wanita Punya Keturunan?

Helmi Ade Saputra - Okezone
Senin, 5 Agustus 2013 15:12 wib
detail berita
Konsultasi ke dokter (Foto: Sheknows)
MUNGKIN banyak dari wanita yang mempunyai penyakit kista sulit memperoleh keturunan. Bahkan timbul pertanyaan, apakah wanita dengan penyakit kista masih bisa punya keturunan? Lalu bagaimana solusinya? Ulasan berikut membantu Anda.

Menurut Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG, kista mempunyai definisi kantung di dalam tubuh manusia yang berisi cairan. Kemudian, kista di ovarium juga bisa bermacam macam kausa dan patologinya, dan tidak semua kista akan menyebabkan masalah.

"Tidak semua kista akan menetap dan berkaitan dengan keganasan. Tetapi kista yang berasal dari proses penyakit yang bernama endometriosis memang akan meningkatkan resiko ketidak suburan secara cukup signifikan,"ujar Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG kepada Okezone melalui sambungan elektronik, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bila ditemukan kista cokleat atau kista endometriosis, umumnya kista ini akan menimbulkan gejala nyeri pada saat haid, walaupun tidak semua wanita memiliki gejala ini.

Dia juga menambahkan, saat ini kista dapat ditangani dengan mudah dengan tindakan minimal invasif seperti bedah laparoskopi atau bedah robotik yang akan mmembantu mebersihkan jaringan semaksimal mungkin.

"Pascatindakan, umumnya 70% wanita dapat hamil secara natural dalam kurun waktu 12 bulan. Apabila pada kondisi yang cukup berat, program kehamilan dapat dibantu dengan teknologi reproduksi berbantu ( TRB) seperti inseminasi atau bayi tabung," tutupnya. (ind)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

 
BACA JUGA »

Lifestyle

Dato' Raja Reza Shah Prihatin IFF Tak Dapat Ruang di Malaysia
Acara Islamic Fashion Festival (IFF) mendapatkan antusias dari masyarakat Indonesia. Namun, IFF tak mendapat ruang di negaranya sendiri, Malaysia.

Food

Parade Jajanan Nusantara Pecahkan Rekor Muri
Acara Parade Jajanan Nusantara berhasil memecahkan ekor MURI. Pasalnya, acara tersebut diikuti 164 tenant baik itu kuliner tradisional dan modern.

Property

Mengejutkan, Total Luas Mal di Jakarta 9x Luas Kota Vatikan!
Menurut riset yang dilakukan portal properti Lamudi.com, jumlah mal di Ibu kota Indonesia ini mencapai 170 mal, dengan lebih dari 490 outlet, dan 25 juta pengunjung per bulan.